Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Rp600 M Disiapkan untuk Penukaran Uang Lebaran Di Malut

0 32

Ternate, TN – Untuk mengantisipasi warga yang akan menukar uang menjelang Hari Raya Idul Fitri, makan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku Utara (Malut), rencanya akan membuka kas keliling pada minggu ketiga Ramadhan.

“Memang uang yang kita siapkan lumayan besar, yakni Rp 600 miliar. Uang sebanyak ini, untuk melayani seluruh wilayah yang berada di Provinsi Maluku Utara. Jumlah ini berdasarkan kebutuhan seperti ramadhan tahun lalu, dan itu sudah sangat memadai,” kata Kepala Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara, Dwi Tugas Waluyanto kepada Teropongnews.com, di Ternate, Selasa (14/5) pagi.

Menurut dia, kas keliling ini hanya menyediakan uang dalam pecahan kecil, dengan nilai Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, dan Rp 2.000. Sementara penukarannya tidak hanya dilakukan oleh BI, tetapi semua bank di Maluku Utara.

Tahun 2018 lalu, lanjut dia, dari anggaran yang disiapkan untuk 10 kabupaten/kota di Malut hanya menghabiskan sekitar Rp 450 miliar. Kelemahannya, adalah keterbatasan Sumber daya Manusia di BI Malut.

“Sehingga, kami berharap seluruh bank bisa memperkirakan kebutuhan uang selama ramadhan hingga menjelang lebaran. Jadi mereka menarik uangnya dari BI, lalu melayani masyarakat di seluruh pelosok Malut,” ujar dia.

Anda mungkin juga berminat