Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Rico Sia : Indonesia Butuh Pengembangan SDM Bukan Rektor Asing

0 119

Sorong,TN- Pergolakan kebijakan Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, Mohammad Nasir,Ph.D terkait pengadaan rektor asing ke indonesia ditanggapi dingin calon anggota DPR RI terpilih, Rico Sia.

Kepada wartawan melalui telpon celulernya, Selasa (6/8) Rico Sia menilai bahwa pendidikan di indonesia membutuhkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) bukan rektor asing.

Anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 daerah pemilihan (Dapil) Proviinsi Papua Barat itu mengatakan dengan nada bertanya, bukankah untuk meningkatkan SDM, Pemerintah Indonesia secara berkelanjutan terus menyekolahkan banyak putra putrinya keluar negeri baik S1, S2 maupun S3.

“Menurut saya Indonesia hanya butuh bekerja sama dalam hal pengembangan pendidikan dan tehnologi bukan butuh Rektor Asing,” tegas calon penghuni baru gedung senayan itu.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sorong Selatan itu menuturkan, yang perlu didorong adalah lembaga-lembaga R dan D yang bekerja cepat juga tepat untuk output kekinian diera 4.0 menuju 5.0 dan kelanjutannya.

Rico menjelaskan, bahwa negara indonesia sangat hebat dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, salah satu contohnya TNI yang selalu mengupdate versi terbaru senjata, mereka tidak menunggu riset and developmen.

“TNI kita selalu update versi terbaru, sekarang mereka sudah ciptakan pistol dan senjata yang dibeli negara di luar negeri, karena TNI selalu update teknologi, latihan tempur, nah dunia pendidikan kita di Indonesia ini juga seperti itu,” tandasnya.

Anda mungkin juga berminat