Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ribuan Botol VCO Dikirim ke BumDes Masure

0 136

Ternate, TN – Sebanyak 3.000 botol VCO akan dikirim oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) ke Desa Masure, Kecamatan Patani Timur.

Tujuan dikirimnya ribuan botol VCO untuk mengisi minyak kelapa hasil produksi warga desa setempat, yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Kepada wartawan, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Halmahera Tengah, Ridwan Siliden, ribuan botol minyak kelapa tersebut akan diserahkan langsung kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Masure, untuk dipergunakan masyarakat yang aktif mengelola BumDes berupa minyak kelapa.

“Jadi kami rencanakan, hari Senin kami akan kirim botol ini lewat jalur angkutan laut, untuk kemudian diserahkan langsung kepada Pemerintah Desa Masure,” kata Ridwan saat dihubungi wartawan, dari Ternate, Sabtu (8/2).

Menurutnya, anggaran untuk membeli ribuan botol VCO ini bukan berasal dari APBD, namun dari hasil penjualan minyak kelapa milik warga Desa Masure. “Warga memberikan kepada kami ada sekitar 40 kantong minyak kelapa yang sudah selesai diolah, dan meminta agar kami bisa menjualnnya. Nah, uang hasil penjualan itu yang kami gunakan untuk membeli ribuan botol VCO itu,” kata Ridwan.

Dikatakan, pengelolaan minyak kelapa di Desa Masure ini harus menjadi tolak ukur bagi desa lainnya, untuk bisa memanfaatkan anggaran BumDes, untuk mengelola hasil Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki.

Anda mungkin juga berminat