Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Rencana Kembangkan Kelapa Bido Di Morotai Dapat Dukungan BI Malut

0 45

Ternate, TN – Pemerintah Kabupaten Morotai rencananya akan mengembangkan kelapa varietas bido di Desa Bido. Rencana pengembangan tersebut didukung penuh Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara.

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara, Dwi Tugas Waluyanto mengatakan, saat ini tinggi pohon kelapa di Maluku Utara cukup berpengaruh terhadap biaya panen.

Tetapi hal tersebut berbanding terbalik dengan kelapa bido yang berukuran cukup pendek.

“Tentu ini akan menurunkan biaya panen. Pelatihan pembuatan pupuk dan pakan organik di Desa Aha, Kabupaten Pulau Morotai. Tentu, kami BI sangat mendukungnya,” katanya kepada wartawan, di Ternate, Senin (15/4) sore.

Meskipun berukuran pendek, namun besarnya setara dengan kelapa variates lainnya. Bahkan, menurut Dwi, jumlah kelapa dalam satu tandan bisa mencapai 30 buah.

“Dagingnya tebal dan jumlah airnya bisa dua kali lipat dibanding varietas lain,” katanya.

Dia mengaku, saat ini jumlah pohon yang sudah berbuah tidak lebih dari 200 pohon. Dan semua hanya terkonsentrasi di Desa Bido.

“Karena meskipun Pemerintah Morotai sudah membuat peraturan daerah, namun masih banyak bibit kelapa bido yang keluar dari Morotai,” tandas Dwi.

Anda mungkin juga berminat