Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Realisasikan UU Kepulauan, Menhumkam Sarankan Pemprov-DPRD Maluku Temui Presiden

0 67

Ambon, TN – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menhumkam), Yasonna Laoly menyarankan, DPRD dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan bisa segera direalisasikan dan menjadi UU.

“Kalau saya sih siap, tapi kan tidak hanya Menkumham. Masih Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri, dan pola pikirnya pasti juga berbeda. Untuk itu saya menyarankan, naskah akademiknya segera masuk ke Pak Presiden. Ini strategi yang harus dilakukan bersama,” kata Yasonna lewat siaran pers yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Minggu (26/1).

Menurut dia, dukungan penuh terhadap UU Daerah Kepulauan sebagai solusi bagi daerah kepulauan dalam mengejar ketertinggalan. Provinsi Maluku masih menduduki peringkat empat kemiskinan di Indonesia.

Dikatakan, tantangan yang dihadapi daerah kepulauan yakni, adanya masalah disparitas harga dan akses transportasi yang sulit serta mahal. Hal ini dianggap sangat berdampak pada lambatnya pembangunan.

“Perlu ada perhitungan Dana Alokasi Umum (DAU) dan perhitungan khusus lainnya, bagi daerah- daerah yang berkarakter kepulauan. Kondisi di sana tidak bisa disamakan dengan daerah bercirikan kontinental,” katanya.

Yasonna menganjurkan, agar perjuangan ini harus terus terkonsolidasi dan membangun koordinasi dengan berbagai pihak, sehingga menjadi pembahasan dan isu bersama.

Anda mungkin juga berminat