Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ratusan Ikan Karang Mendadak Mati Di Pesisir Pantai Kecamatan Leitisel Kota Ambon, Warga Tak Tau Penyebabnya

0 1.169

Ambon, TN – Fenomena aneh terjadi di Kota Ambon, dan kejadian ini baru pertama kali. Pasalnya, ratusan ekor hewan laut, baik ikan, maupun siput mendadak mati dan terdampar di pesisir pantai sejumlah desa atau negeri di Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) Kota Ambon Maluku. Pemandangan misterius itu terlihat di pesisir pantai negeri Rutong, Leahari dan Hukurila.

Informasi yang dihimpun Teropongnews.com dari warga Desa Hukurila, bahwa dalam beberapa hari terakhir, bau amis ikan menyelimuti Pantai Tihulessy, Desa Hukurila. “Kematian ikan dalam jumlah banyak tanpa diketahui penyebabnya telah terjadi,” kata salah satu anggota Taruna Siaga Bencana Khusus (Tagsus) Provinsi Maluku, Jusuf Elthon Porwayla saat dihubungi Teropongnews.com, dari Ambon, Minggu (15/9) malam.

Ikan-ikan yang terdampar dalam keadaan mati di pantai Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon. Foto ist.

Menurutnya, ikan yang mendadak mati bukan saja ikan yang hidup di permukaan laut, namun juga ikan yang hidup di kedalaman 30-100 meter lebih di bawah laut juga ikut mati. “Jika permasalahannya ialah mabuk ombak, sangat mustahil. Kenapa? Sebab hari-harinya ikan-ikan ini adalah temannya ombak, berlarian bersama ombak,” ujarnya bingung.

Yang lebih aneh lagi, lanjut Porwayla, bukan saja ikan, namun hewan lainnya seperti siput berukuran kecil juga mati, dengan kondisi tubuh ikan dan siput berwarna biru.

Porwayla juga khawatir akan keselamatan sejumlah warga di beberapa desa itu. Pasalnya, banyak warga yang sudah mengkonsumsi ikan mati itu, tanpa tahu resikonya terhadap kesehatan.

“Tidak hanya ikan, siput-siput kecil pun mati dengan tubuh berwarna biru tanpa sebab. Ikan-ikan yang mati itu ada yang telah di konsumsi oleh warga tanpa tahu resiko kesehatan. Kami sangat berharap kepada instansi terkait untuk melihat hal ini, karena kami khawatir, ikan-ikan itu beracun,” tandas dia.

Hal serupa juga dialami warga negeri Rutong, puluhan hingga ratusan ikan karang terdampar tanpa sebab di sepanjang pantai. Masyarakat setempatpun bertanya-tanya penyebab matinya ikan tersebut.

Terkait fenomena tersebut, diharapkan pihak terkait dalam halnini Pemerintah Kota Ambon segera turun tangan untuk melakukan observasi penyebab terjadinya peristiwa langkah tersebut, dengan cara melakukan uji labiratorium, supaya tidak membingungkan warga di Kecamatan Leitimur Selatan.

Anda mungkin juga berminat