Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Puluhan TKBM Demo Tuntut Kembalikan Hak Pekerja

0 92

Sorong,TN- Puluhan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Sorong menggelar aksi demo di Kantor Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Sorong, Rabu (10/04/19). Aksi demo ini sempat membuat aktifitas bongkar muat terganggu. Sambil membentangkan spanduk bertuliskan Tuntutan Hak para buruh koperasi TKBM Klayum Pelabuhan Sorong.

Koordinator Lapangan Daud Asmuruf S.Sos bersama puluhan buruh berorasi menuntut hak yang selama ini dirasakan tidak berjalan dengan baik termasuk tidak adanya tranparansi terkait laporan keuangan Koperasi TKBM Kalyum.

“Kita menuntut Kesejahteraan para buruh koperasi TKBM dari tahun 2008 sampai 2019 selama 11 tahun diabaikan oleh pengurus koperasi TKBM khususnya kami sampaikan dengan tegas kepada bapak Samuel Korwa,” ungkap Daud. Aksi inipun di sikapi dengan baik oleh pihak Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Sorong dengan memfasilitasi perwakilan TKBM untuk melakukan diskusi secara langsung bersama Ketua Koperasi TKBM Klayum Samuel Korwa.

Ia menuturkan selama Koperasi ini dipimpin Semuel Korwa, tidak ada sistem dan struktural kepengurasan yang baik sehingga seluruh hak hak para pekerja TKBM tidak tersalurkan dengan baik. “Aset TKBM Klayuum digunakan secara pribadi oleh Ketua Samuel Korwa dan Kesejahteraan para buruh koperasi TKBM dari tahun 2008 sampai 2019 selama 11 tahun diabaikan oleh pengurus koperasi TKBM,” Ujarnya.

Namun seluruh penyampaian ini, dibantah oleh Samuel Korwa yang turut hadir dalam rapat bersama. “Kami menganggap yang disampaikan oleh saudara Daud Asmuruf tidak benar, karena selama ini kepemimpinan, kami selalu transparan kepada seluruh TKBM. Saya siap melepaskan jabatan sebagai ketua koperasi Klayum mengingat kami sudah memimpin selama 2 periode,” Kata Samuel Korwa.

Berbagai permaslahanpun akhirnya disampaikan khususnya menuntut seluruh hak TKBM dipenuhi sebagaimana mestinya sebagai seorang pekerja. Seluruh TKBM meninggalkan ruang pertemuan setelah Samuel Korwa menyebutkan dirinya akan mempertanggung jawabkan semua laporan pertanggungjawaban dalam rapat masa akhir kerja sebagai sebagai ketua koperasi TKBM Pelabuhan Sorong. Mendengar hal inipun masa bersepakat meningalkan ruangan rapat.

Pantauan media ini, aksi demo damai ini dikawal oleh tim aparat kepolisian Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Laut yang dipimpin oleh Kapolsek KP3 Laut Ipda M. Jihad F.B S.Ik.

Anda mungkin juga berminat