Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Puluhan Rumah Warga Di Buru Diterjang Air Pasang

0 49

Ambon, TN – Puluhan rumah warga yang berada di pesisir pantai di Desa Bara, Kecamatan Airbuaya, Kabupaten Buru terendam air, lantaran diterjang air pasang, Senin (2/12) malam sekitar 20.00 WIT.

Air pasang yang menerjang daerah tersebut menyebabkan warga panik dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Warga setempat kini memilih untuk mengungsi ke daerah yang lebih tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buru, Hadi Zulkarnain mengaku, saat bencana air pasang menerjang, pihaknya langsung bergerak cepat dengan berkoordinasi dengan perangkat dusun dan desa setempat.

“Kami(BPBD) mendapat laporan dari Kepala Desa Bara. Dari informasi itu, kami langsung mengirimkan tim ke Tempat Kejadian Perkara (TKP),” kata Hadi saat dihubungi Teropongnews.com, dari Ambon, Selasa (3/12) pagi.

Menurut dia, gelombang pasang merupakan fenomena alam tahunan yang sering terjadi, biasanya gelombang pasang terjadi di akhir tahun atau musiman barat. Namun, kata dia, gelombang pasang yang menerjang pemukiman warga kali ini terbilang cukup besar.

Akibat bencana alam gelombang pasang ini, kata Hadi, ada empat rumah warga rusak berat, dan tujuh lainnya rusak ringan. “Kami berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Investigasi lokasi saat ini sementara kami lakukan,” tandas Hadi.

Anda mungkin juga berminat