Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Puluhan Etnis Ikuti Pawai Budaya Peringati Hari Jadi Kota Merauke Ke-118

0 67

Merauke, TN – Puluhan Etnis di Kabupaten Merauke mengikuti Pawai Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Merauke Ke-118 tahun, Rabu (12/02/2020).

Sebagai pernghargaan khusus terhadap masyarakat Marind sebagai garda terdepan penjaga keutuhan NKRI di Tapal Batas, Pemerintah Kabupaten Merauke memberikan tema pada kegiatan ini ‘Maju Bersama Malind Anim Menuju Merauke Sejahtera’.

Pawai budaya diikuti etnis Papua Malind yakni, Imbuti, Payum, Urumb, Wendu, Wasur, Yanggandur, Toray-Erambu, Khima-Ima dan Makleuw.

Etnis Papua lain yaitu, Jayapura, Saireri, Pegunungan, Wambon, Paniai, Asmat, Mappi,  dan Sorong. Sedangkan etnis nusantara yakni, Maluku, Sulawesi, NTT, Jawa, Sumatera, Tionghoa dan Bali.

Wakil Bupati Merauke, Sularso saat melepas kegiatan menyampaikan, di usia yang ke-118 Kabupaten Merauke diharapkan semakin maju, masyarakatnya semakin cerdas dan semakin sejahtera.

“Kota Merauke dibangun dengan rasa kebersamaan, persaudaraan dari pemimpin ke pemimpi sehingga menjadikan yang tiada menjadi ada, kurang baik menjadi lebih baik pada pembangunan infrastruktur, manusia dan ekonomi,” ucapnya di titik star Libra.

Ia mengajak seluruh masyarakat bersyukur kepada Tuhan, bahwa di usia yang ke-118 ini  Merauke masih bisa berdiri tegap. Berdiri dengan penuh keyakinan dengan segala keharmonisan.

Masyarakat diajak sama-sama menjaga pembangunan yang sudah ada. Atas nama pemerintah, Sularso sampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah memberikan andil positif demi kemajuan dan keamanan di Merauke.

Kata Dia, Kabupaten Merauke merupakan kabupaten terbaik di seluruh Provinsi di Papua karena selalu kondusif. Pawai budaya ini adalah simbol kebhinekaan di ujung Timur Indonesia.

Dari Libra, peserta pawai berjalan meilitasi Jalan Brawijaya menuju Halaman Kantor Bupati Merauke sebagai titik finish. Di tempat ini, peserta pawai disambut Bupati Merauke, Frederikus Gebze, Menpora Zainudin Amali bersama rombongan, Sekda serta para muspida plus. **

Anda mungkin juga berminat