Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pramuka Ikut Tertibkan Alat Praga Kampanye, Ini Penjelasan Bawaslu Kabsor

0 11

Aimas,TN- Memasuki masa tenang, Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Sorong bersama Saka Adhyasta Pemilu serta SatPol PP dan Anggota Kepolisian Resort Sorong menertibkan alat peraga kampanye (APK) peserta Pemilu 2019, Minggu (14/04/19).

Penertiban diawali dengan menyisir APK yang terpasang di kawasan perbatasan dengan Kabupaten Kota Sorong, kemudian bergerak di sepanjang jalan. Selain itu, APK-APK yang selama ini “menghiasi” sejumlah ruas jalan protokol juga tak luput dari penertiban, seperti Jalan Sorong-Klamono dan lokasi lainnya yang banyak dipasangi APK gambar caleg maupun capres-cawapres tersebut.

Sekretaris Bawaslu Kabupaten Sorong Robianus Sesa S.IP, M.Si mengatakan giat ini dilakukan mengingat masa tenang sebelum memasuki hari pencoblosan, sehingga semua APK harus ditertibkan terutama yang saat ini banyak terpasang di jalan raya.

“Masa tenang dimulai sejak tanggal 13 April 2019, pukul 12.00 WIT dan seluruh APK yang ada dijalan harus ditertibkan, mulai dari kilo 18 Hingga ke daerah Katapop,” ungkap Robi disela sela giat penertiban. Pihaknya mengatakan, penertiban APK milik caleg dan capres-cawapres akan dilakukan secara maraton hingga tiga hari ke depan atau H-1 pencoblosan.

Berdasarkan UU Pemilu No 7/2017, selama masa tenang, pelaksana, peserta, dan/atau tim kampanye pemilu presiden dan wakil Presiden dilarang menjanjikan atau memberikan imbalan kepada pemilih untuk: tidak menggunakan hak pilihnya, memilih pasangan calon, memilih partai politik peserta pemilu tertentu, dan memilih calon anggota DPR/DPRD/DPD tertentu. Hal ini tertuang dalam Pasal 278 UU Pemilu No 7/2017.

Sedangkan terkait keterlibatan anggota kepramukaan yang ikut menertibkan APK, Roby menjelaskan Satuan Karya Pramuka Adhyasta Pemilu disingkat Saka Adhyasta Pemilu adalah satuan karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan pemilu.

Dimana Saka Adhyasta Pemilu merupakan saka terbaru yang diikutsertakan dan saka tersebut merupakan representasi dari kepercayaan Bawaslu terhadap Pramuka bahwa Pramuka merupakan organsisasi yang tidak terkontaminasi dengan kepentingan politik.

“Saka Adhyasta Pemilu adalah wadah yang dibentuk khusus mengawasi pemilu,seperti yang saya jelaskan tadi,sehingga keikutsertaan dalam menertibkan APK tentunya sudah sesuai aturan yang berlaku,Jadi secara khusus hanya saka ini yang dilibatkan langsung.” Ujarnya.

Anda mungkin juga berminat