Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Potensi Pariwisata Di Malut Kurang Dipromosikan

0 25

Ternate, TN – Potensi pariwisata di Provinsi Maluku Utara (Malut) kurang dipromosikan. Padahal, lokasi wisata di provinsi setempat sangat banyak, namun kurang dikenal.

Untuk itu, peran pers di Malut sangat diharapan, dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata setempat untuk mendorong wisatawan dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke daerah kepulauan ini.

“Saya melihat selama ini pers di Malut hanya ramai memberitakan mengenai pariwisata kalau ada kegiatan pariwisata, misalnya festival pariwisata, tetapi setelah itu sepi,” kata pemerhati pariwisata di Malut, Jamaludin kepada wartawan, di Ternate, Kamis (14/2).

Menurut dia, pariwisata memang tidak terlalu menarik untuk diberitakan setiap saat, berbeda dengan masalah politik atau korupsi yang selalu mendapat prioritas dari pers dan itu tentu tidak salah karena masyarakat sangat membutuhkannya.

Namun demikian pers di Malut, seharusnya tetap memberi perhatian serius terhadap pemberitaan mengenai promosi pariwisata sebagai bentuk kepedulian dalam memajukan pembangunan pariwisata di daerah ini, yang saat ini masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Hal lain yang juga harus menjadi sorotan dalam pemberitaan pers di Malut terkait pariwisata, menurut Jamaludin, adalah masalah penyediaan infrastruktur pariwisata di berbagai objek wisata di daerah ini, yang terkesan kurang mendapat perhatian dari pemerintah daerah setempat.

Berbagai program pengembangan pariwisata di Malut yang sudah digaungkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat selama ini, harus pula terus di angkat pers agar program itu tidak terlupakan.

Ia mencontohkan program pengembangan Pulau Morotai sebagai salah satu dari sepuluh destinasi wisata nasional yang sudah dicanangkan pemerintah pusat sejak beberapa tahun lalu, sampai sekarang belum ada realisasinya dan untuk itu harus terus suarakan pers di daerah ini.(*)

Anda mungkin juga berminat