Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Posko Angkutan Laut Lebaran 2019 Di Pelabuhan Laut Merauke Dibuka

0 8

Merauke, TN – Upacara Apel Kesiapan sekaligus Pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 (1440 H) di Kabupaten Merauke, telah digelar Senin (20/05/19) di Pelabuhan Laut Merauke.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memantapkan perlindungan antar petugas, lembaga terkait, penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan Angkutarn Laut Lebaran, sehingga diharapkan masyarakat dapat melakukan perjalanan mudiknya dengan aman, selamat, tertib dan nyaman.

“Kita harapkan penyelenggaraan angkutan lebaran yang setiap tahun dilaksanakan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Hari Raya Idhul Fitri atau Lebaran ke kampung halamannya,” jelas Kepala Kantor Kesyahhandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Merauke, Muhammad Junaidi J.SE membacakan sambutan tertulis Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Katanya, Slogan mudik 2019 yakni Mudik Bareng Asyik Lancar’ ini dibutuhkan langkah-langkah untuk mendukung slogan tersebut. Antara lain adalah melakukan kontribusi penuh dengan seluruh pemangku kepentingan dan semua yang terkait serta melakukan pembagian tugas sesuai dengan peran masing-masing.

Selain itu, untuk membantu dan mempercepat pelayanan dalam penyelenggaraan angkutan laut selama lebaran, semua petugas baik di kantor pusat atau di seluruh UPT di daerah harus terus melakukan inspeksi dan pemantauan angkutan lebaran, baik secara langsung dengan terjun ke lapangan maupun melalui sistem informasi dan komunikasi.

Pada Angkutan Laut Lebaran tahun 2019 (1440 H) diperkirakan akan meningkat 4,80% dibandingkan dengan realisasi Angkutan Laut Lebaran Tahun 2018. Dari data yang ada realisasi angkutan laut tahun 2018 adalah 1.830.289 orang.

“Tahun ini diperkirakan sebanyak 1.918.182 orang akan menggunakan transportasi laut alias dengan prediksi kenaikan 4.80 % pada lebaran,” sebutnya.

Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 mulai dari pada H-15 (21 Mei 2019) sampai dengan H + 15 (21 Juni 2019). Posko ini dilengkapl dengan berbagai peralatan yang cukup baik seperti Monitor CCTV, Sistem Pelacakan untuk Kapal Penumpang dan Kapal Perintis serta Aplikasi Pelaporan Naik/Turun Penumpang.

“Saya berpesan agar semua jajaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut harus diperkuat dengan semangat, ikhlas dan disiplin yang tinggi untuk bersama-sama mewujudkan Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2019 (1440 H) yang Aman, Selamat, Tertib dan Nyaman,” ucapnya.

Anda mungkin juga berminat