Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Polda Malut Kirim 100 Personil Brimob Ke Papua

0 266

Ternate, TN – Pasca aksi demonstrasi yang berujung kerusuhan, Kepolisian Daerah Maluku Utara (Polda Malut) mengirimkan sedikitnya 100 personil Brigade Mobile (Brimob) ke Provinsi Papua dan Papua Barat, Kamis (22/8). Tujuan pengiriman pasukan ini, untuk melaksanakan tugas bantuan operasi kendali.

“Kami Polda Malut diinstruksikan untuk mengirim pasukan ke Papua, untuk menjaga situasi kemanan di sana. Nah, jadi Polda Malut hanya mengirim pasukan saja. Pasukan yang kami kirim, akan dikembalikan lagi jika situasinya sudah kondusif. Soal pengaturan pasukan yang kami kirim, itu kewenangan Polda Papua dan Papua Barat,” kata Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto kepada wartawan, di Ternate, Sabtu (24/8).

Menurut Kapolda, penugasan untuk pengiriman pasukan itu, berdasarkan perintah Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian. Meskipun kondisi keaman pasca konflik di Papua dan Papua Barat sudah mulai membaik.

Kapolda mengaku, pengiriman pasukan ini untuk melaksanakan tugas kemanusiaan, bukan untuk berperang melawan warga sipil. “Saya mengimbau kepada personil Brimob yang bertugas di Papua unuk bisa menjaga kekompakan, kesatuan, keimanan dan ketakwaan sebagai anggota Polri,” tandas Kapolda.

Anda mungkin juga berminat