Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

PLUT KUMKM Mandiri Tuntaskan Pembinaan Pengusaha Kecil Menengah

0 113

Aimas, TN – Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Kabupaten Sorong, melakukan pembinaan terhadap puluhan pengusaha kecil dan menengah dari berbagai distrik di Kabupaten Sorong, Rabu (6/11/2019).

Hingga awal bulan ini, lembaga dibawah naungan Pemerintah Provinsi Papua Barat yang berkonsentrasi pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan ini, telah menuntaskan rangkaian pembinaan dari 12 kali pertemuan. Dari setiap pertemuan, PLUT menghadirkan 20 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

Drs. Danu Supriyanto, M.Si, Kepala PLUT KUMKM Mandiri Kabupaten Sorong menjelaskan, dalam melakukan pendampingan dan pembinaan, pihaknya menggandeng 5 konsultan dari bidang yang berbeda, untuk disesuaikan dengan materi pembinaan terhadap para pelaku usaha.

“Di sini ada konsultan Pemasaran, Produksi, Kelembagaan, SDM dan konsultan Pembiayaan. Ketika ada pembinaan sepert ini, kami juga mengudang nara sumber dari instansi yang berkompeten,” ujar Danu.

Tujuan besar dari kegiatan ini, adalah peningkatan kualitas produk KUMKM. Instansi teknis yang digandeng dalam setipa pertemuan, antara lain Loka POM, Dinas Kesehatan, Kantor Pajak serta Dinas Koperasi dan UKM.

“Jadi banyak hal yang bisa diketahui, bagaimana usaha kecil dan menengah yang dilakukan masyarakat ini bisa berkembang dan memiliki daya saing. Kami selalu menghadirkan nara sumber yang berkompeten,” tandasnya.

Seperti dalam sesi terakhir ini, PLUT memberikan bimbingan teknis peningkatan kualitas produk KUMKM. Nara sumber yang dihadirkan adalah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong. Materi yang disampaikan, bagaimana cara pelaku usaha kecil ini mengolah produknya secara higienis sehingga bisa teregistrasi di Dinas Kesehatan.

“Kalau proses produksinya benar, bahan baku yang digunakan juga memenuhi syarat kesehatan yang ada, tentu akan mudah untuk mengurus pendaftaran nomor registrasi PIRT-nya. Kalau sudah ada PIRT, tentu produk bapak dan ibu ini akan semakin bisa berkompetisi dalam pemasaran,” kata Paula M Rumangkang S.Sos, Kabid Perijinan Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong. **

Anda mungkin juga berminat