Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

PLN Sementara Bangun PLTP Di Tulehu

0 149

Ambon, TN – Executive Vice President Panas Bumi PT. PLN Pusat, Zulfikar Manggau mengaku, pihak PLN tengah melakukan pengeboran untuk Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

“Namun pembangunan tersebut tidak ada dampak yang berkaitan dengan gempa bumi yang terjadi di sana (Pulau Ambon dan sekitarnya),” kata dia lewat siaran pers yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Minggu (19/1).

Zulfikar Manggau menjelaskan, potensi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi sangat besar dan salah satu dari sekian banyak potensi itu ada di Tulehu.

Proses pembangunan PLTP Tulehu dimulai sejak 1996, ijin WKP 1997, reling pertama dilaksanakan tahun 2011, tahun 2017 dan 2018 dilakukan pengeboran empat sumur eksplorasi.

“Saat ini hasil dari pengeboran sedang kita kaji untuk melangkah pada tahap berikutnya dan PLN tetap berkomitmen untuk menyelesaikan proyek ini, dan diharapkan pengembangan bisa dilakukan di tahun ini juga,” jelasnya.

Dikatakan, dalam upaya PLN melanjutkan pengembangan PLTP di Tulehu tetap mengedepankan asas kepedulian terhadap lingkungan, sehingga dampak sekecil apapun yang timbul dari pembangunan yang dilakukan PLN harus bisa dimitigasi sedini mungkin, dan menyelesaikan persoalan yang muncul termasuk di Tulehu.

“PLTP Tulehu direncanakan tahun 2025 dapat beroperasi,” harapnya.

Dirinya turut prihatin terhadap kondisi yang terjadi di Ambon. Pihaknya berharap, kedepan tidak ada musibah yang lebih besar lagi di Ambon dan sekitarnya.

Dia berharap, informasi sebagaimana disampaikan dalam dialog dan kajian ilmiah tersebut bisa sampai kepada masyarakat, agar kerisauan dan keresahan masyarakat bisa tereliminir, bahkan tidak ada lagi yang mengkaitkannya dengan proyek pembangunan PLTP.

“Kami harap informasi ini sampai ke masyarakat. Karena kami dari PLN berkomitmen untuk melanjutkan proyek tersebut agar bisa selesai dengan segera, agar kebutuhan listrik bagi masyarakat bisa tercapai,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat