Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Petugas Karantina Pertanian Sita Hewan Ilegal di Pelabuhan Sorong

0 193

Sorong, TN- Petugas Karantina Pertanian Kelas I Sorong, menyita hewan Ilegal yang dibawakan dari luar Sorong saat melakukan operasi arus mudik Lebaran 1440 H, di pelabuhan Sorong belum lama ini.

Hewan yang disita oleh petugas Karantina Pertanian Sorong yaitu, satu ekor anjing jenis Pogman dan empat ekor ayam tanpa dokumen yang dibawakan dari daerah asalnya.

“Dalam rangka operasi arus mudik, kami telah menahan satu ekor anjing jenis pogman tanpa dokumen yang didatangkan dari Jakarta, sedangkan ayam ada empat ekor itu dari Ambon,” ujar kepala Karantina Pertanian Kelas I Sorong, I Wayan Kertanegara, kepada teropongnews.com, Sabtu (1/6).

Dikatakan, hewan-hewan tersebut memang dilarang masuk ke Sorong karena merupaan Hewan Pembawa Rabies (HPR).

Khusus untuk anjing, kata I Wayan Kertanegara, pihaknya langsung melakukan penolakan setelah 5 hari ditahan dan kemudian dikirim kembali ke Jakarta.

Sementara ayam yang disita beberapa hari lalu juga, pihak Karantina Pertanian Sorong langsung melakukan pemusnahan, karena pemilik ayam tersebut tidak bersedia dilakukan penolakan untuk dikembalikan ke daerah asal di Ambon.

Menurut I Wayan Kertanegara, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahayanya membawa komoditas pertanian, hewan maupun tumbuhan, tanpa dilengkapi jaminan kesehatan dari luar daerah asal.

“Bahayanya membawa komoditas pertanian, hewan maupun tumbuhan, tanpa dilengkapi jaminan kesehatan dari luar daerah itu resikonya sama, kalau penyakitnya sudah masuk, nanti susah lagi penanganannya, butuh anggaran besar,” jelasnya.

Anda mungkin juga berminat