Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Petugas CIQ Dan Dinkes Merauke Sigap Terhadap Pencegahan Virus Corona/CoVI19

0 80

Merauke, TN – Meskipun Indonesia masih aman dari virus corona atau oleh WHO sudah merubah nama Corona Virus menjadi corona virus isis 2019 (CoVI19). Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Merauke, Kantor Imigrasi, Karantina Ikan, dan Bea Cukai serta Dinas Kesehatan kompak untuk lebih intens melakukan tindakan pencegahan.

Kesiapsiagaan ini disampaikan dalam konferensi pers di Kantor KKP Merauke, Kamis (13/02). Kesempatan itu, Kepala KKP, Suprapto mengatakan baik peralatan maupun petugas telah sigap di pintu masuk baik bandara, pelabuhan, maupun tapal batas.

“Semua pihak kita libatkan dan kerja bersama sesuai tugas dan tanggungjawabnya,” ucapnya membuka Konferensi pers.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Navil Muskita menyebutkan, per 12 Februari secara global WHO merilis, kasus terkonfirmasi positif sebanyak 45.171 kasus dan 2068 kasus baru.

Untuk Indonesia, seluruh spesiman rumah sakit yang ada di Indonesia dikirimkan ke Litbang Kesehatan untuk diperiksa.

“Sampai dengan kemarin, dilaporkan sudah 77 spesiman yang dikirim ke Litbangkes, 71 yang sudah diperiksa hasilnya negatif,” kata Navil.

Lanjutnya, di Merauke sendiri belum ada pasien dalam pemantauan atau orang dalam pemantauan. Atau orang dengan gejala batuk flu dengan riwayat pernah mengunjungi daerah terinfeksi.

Berikut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Merauke, Danang menjelaskan, bahwa pihaknya menjalankan kebijakan peraturan Kemenhukam dan peraturan keimigrasian terkait pencegahan wabah CoVI19 dalam Permen 3 tahun 2020 bahwa penghentian sementara pemberian bebas visa kunjungan dan visa on arrival bagi warga negara Republik Rakyat China serta orang asing yang ada di negara China.

Ada beberapa poin yang termuat dalam pasal 4 dan lima yang mengatur tentang pencegahan CoVI19. Sementara, Kepala Balai Karantina Ikan, Nikmatullah Rohman mengatakan, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Peningkatan kewaspadaan dalam pemeriksaan dalam penerbangan atau pelayaran. Begitu juga dari Kantor Bea dan Cukai Merauke akan selalu bekerjasama denga KKP dalam menyikapi situasi yang ada.

“Tentunya kita tidak berjalan sendiri, tetapa ada koordinasi dan menjalankan tuga sesuai dengan peraturan dan SOP,” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Merauke, Nazwar.

Anda mungkin juga berminat