Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Peserta Prolanis Antusias Mengimplementasikan Program JKN-KIS

0 42

Sorong, TN  – Dengan tujuan untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien bagi pasien penderita penyakit kronis, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan menyelenggarakan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

Program Prolanis ini, diantaranya pemeriksaan lab, penyuluhan dan senam, dan juga menyelenggarakan gerak jalan, piknik, outbond, yang diselenggarakan untuk membuat peserta Prolanis lebih rileks dan senang.

Seiring berjalannya waktu, penyempurnaan Program Prolanis digunakan guna melancarkan suksesnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Masih kurangnya pemahaman terbaru untuk masyarakat tentang informasi tersebut yang mendasarkan BPJS Kesehatan dalam mengadakan BPJS Kesehatan Mengajar dan Lomba Knows and Win bagi petugas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), Jumat (21/06).

“Dengan diadakannya BPJS Kesehatan Mengajar ini diharapkan dapat mendorong FKTP dan Peserta Prolanis untuk me-refresh dan meng-update pengetahuan tentang Program JKN-KIS dan dapat memberikan transfer knowledge kepada rekan kerja di FKTP dan peserta Prolanis yang lainnya yang tidak turut hadir pada BPJS Mengajar ini,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong Harbu Hakim dalam sambutannya.

Lanjutnya, Harbu berharap pada kesempatan ini pihak FKTP beserta peserta Prolanis juga dapat menyampaikan dan membahas kendala-kendala yang selama ini dialami dalam prosesnya.

Chandra, salah satu peserta prolanis di BP Lantamal Sorong yang turut hadir menyampaikan apresiasinya dan sangat mendukung adanya kegiatan yang di gelar oleh BPJS Kesehatan.

“Selain untuk persiapan lomba yang diadakan BPJS Kesehatan, kami peserta Prolanis sangat antusias diadakannya belajar bersama ini, selain lebih efektif dan lebih detail dalam memberi dan menerima ilmu dan pengetahuan tentang Program JKN-KIS khususnya Program Prolanis, kami yang usianya rata-rata sudah memasuki usia senja ini dapat mengimplementasikan pengetahuan ini kedepannya dan berharap dapat maksimal dalam mengikuti lomba tersebut dan berharap diantara kami yang ikut dalam mewakili dari wilayah Sorong,” ungkap Chandra.

Ditambahkannya, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi saya untuk memperbaharui pengetahuan dan pemahaman saya tentang Program JKN-KIS, sehingga nantinya dapat saya bagikan ilmu ini keteman-teman, tetangga dan peserta Prolanis yang tidak bisa hadir pada BPJS Kesehatan mengajar hari ini.

Kegiatan yang diselenggarakan untuk mengukur pemahaman FKTP dan peserta Prolanis sebagai persiapan lomba yang dikemas dalam tema “Knows and Win”, melalui ujian online yang akan diikuti oleh perwakilan dari FKTP yang ditunjuk oleh pimpinan atau kepala FKTP dan peserta Prolanis yang memiliki keinginan untuk memperluas dan mengupdate wawasan tentang Program JKN-KIS.

Anda mungkin juga berminat