Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Persiapan DOB Selatan Papua Akan Dibentuk Dua Pansus

0 77

Merauke, TN – Ketua DPRD Sementara Merauke, Benny Latumahina mengatakan, hasil rapat dengar pendapat tentang pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) atau daerah Selatan Papua menjadi Provinsi Papua Selatan yang digelar di Ruang Sidang DPRD Merauke, Senin (04)11) kemarin, selanjutnya akan dibentuk dua Panitia Khusus (Pansus).

Pansus pertama untuk menangani keterwakilan kursi afirmasi dan Pansus kedua untuk menangani DOB. Tim Pansus ini akan melibatkan perwakilan dari empat kabupaten, dari Mappi, Asmat, Boven Digoel, dan Merauke sendiri.

“Selain itu, ada dukungan anggaran yang ditanggung bersama dari empat kabupaten untuk mensukseskan tugas dari tim Pansus ini,” jelas Ketua DPRD Sementara Merauke, Benny Latumahina, Selasa (05/11).

Lanjut dia, tim ini akan mengurus semua kelengkapan administrasi DOB yang mungkin belum lengkap dan intens berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, MRP, DPD RI,DPR RI dan Mendagri.

“Khusus Merauke terkait anggaran ini masih bisa didorong dalam APBD Induk 2020, karena Merauke belum penetapan, sehingga masih ada waktu,” tambah Benny.

Terkait besaran anggaran, masih menunggu pembentukan tim Pansus untuk memperkirakan dari sisi asumsi yang masih kurang serta semua biaya lainnya untuk dianggarkan.

Dikatakan, perihal pemekaran, dukungan pemerintah pusat sudah sangat jelas dengan melihat dari tiga hal, yaitu Papua Selatan adalah daerah terluar, daerah perbatasan dan daerah strategis. Untuk itu, sangat diharapkan dukungan dari semua pihak terutama masyarakat bahwa dengan dimekarkan menjadi provinsi, pembangunan daerah akan lebih berkembang dan maju dalam semua aspek.

Kalau dilihat dari sejarah, kata Benny, besar kemungkinan ibu kota provinsi ada di Merauke. Sedangkan letak kabupaten akan dipindahkan ke Distrik Kurik.

Anda mungkin juga berminat