Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Perintah dari Istana, KEK Sorong Harus Segera Diresmikan

0 442

Aimas, TN – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Sorong harus segera diresmikan. Perintah itu datang langsung dari Presiden Joko Widodo, pada hari Senin (7/10/2019) lalu, bersamaan dengan peresmian Palapa Ring di 5 lokasi.

Keterangan ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Baperlitbang) Provinsi Papua Barat, Dance Sangkek SH, saat menggelar rapat persiapan peresmian KEK Sorong di kantor Administratur KEK, Rabu (9/10/2019).

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Baperlitbang) Provinsi Papua Barat, Dance Sangkek SH (kanan), dan Asisten Bidang Kesejahteraan dan Pembangunan Setda PB Melkias Werinussa SE MH. (Foto:Tantowi/TN).

“Ini perintah langsung dari Istana. Jadi Kabupaten Sorong harus serius mempersiapkannya, karena nanti Menko Perekonomian juga hadir di sini,” kata Dance, yang datang mengikuti rapat persiapan bersama Melkias Werinussa SE MH, Asisten Bidang Kesejahteraan dan Pembangunan Setda Papua Barat.

Peresmian KEK Sorong itu akan dilaksanakan oleh Presiden Jokowi melalui Video Conference, karena dalam waktu yang bersamaan juga akan dilaksanakan peresmian Palapa Ring di Merauke, Sorong, Bintuni, Rote dan Sabang.

Palapa Ring adalah proyek pembangunan jaringan serat optik nasional untuk kebutuhan telekomunikasi, yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer serta kabel di daratan sejauh 21.807 kilometer.

“Pada saat video conference nanti, semua aktivitas kegiatan di KEK ini harus tersaji, karena peresmian di Sorong ini menjadi agenda kedua presiden dan akan di relay secara nasional. Waktunya terbatas, jadi bagaimana proses peresmian ini dapat terkoneksi dengan baik,” kata Dance.

Sejak ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus bersamaan dengan 12 KEK di seluruh Indonesia pada 2016 lalu, seharusnya KEK Sorong sudah bisa diresmikan sejak 2017 atau 2018. Tapi karena masih memetakan dan melengkapi segala kebutuhan yang harus dipenuhi di dalam KEK, maka waktu peresmian yang ideal belum bisa dilaksanakan.

“Untuk saat ini, secara substansi kita sudah siap untuk diresmikan. Makanya informasi peresmian dari Presiden itu, sebenarnya sudah kita tunggu,” terang Dance.

Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru SH MSi yang menyempatkan hadir dalam rapat persiapan itu, meskipun sebentar, mengatakan, kepastian peresmian KEK Sorong ini setelah terbitnya jadwal kunjungan dari Sekretariat Negara.

“Ini sesuai dengan apa yang telah kita persiapkan selama ini, baik administrasi maupun lahannya,” kata Bupati.

Menurutnya, apa yang menjadi kekurangan dalam peresmian nantinya dianggap wajar, karena terbatasnya waktu persiapan. “Kalau yang terkait dengan kedatangan Menteri, hingga peresmian kami serahkan pada panitia. Kami ucapkan terima kasih kepada yang hadir ini menunjukkan keseriusan kita dalam persiapan peresmian ini,” ujarnya, sebelum meninggalkan peserta rapat.

Anda mungkin juga berminat