Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Suroso: Program Kerja DPD KNPI Kabsor Kurang Kelihatan

0 104

Aimas, TN – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Sorong diharapkan menyusun program kerja yang jelas, dan aktif membuka ruang diskusi untuk menjaring aspirasi, agar pemuda bisa berperan aktif dan berkonstribusi dalam program pembanguan yang dijalankan pemerintah daerah.

“Kalau kita melihat bahwa aktivitas (KNPI) selama ini belum berjalan baik. Harapan saya, ada baiknya KNPI buat rapat kerja yang melibatkan seluruh komponen, menyusun program kerja, sehingga kerjanya lebih kelihatan daripada sekarang,” ujar Suroso S.IP MA, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, usai menjadi nara sumber dalam Diskusi Pemuda, yang diselenggarakan DPD KNPI Kabupaten Sorong di LPTQ Aimas Unit 2, Senin (28/10/2019).

Pernyataan senada juga disampaikan Isai Ones Paa, Ketua Himpunan Mahasiswa Malamoi Seluruh Indonesia (Himamsi).

“Saya berharap kepada DPD KNPI Kabupaten Sorong, untuk selalu membuka ruang diskusi semacam ini. Bisa setiap bulan sekali atau tiga bulan sekali, agar supaya bisa mengetahui kemauan pemuda dalam pembangunan daerah ini seperti apa,” kata Ones Paa.

Agar diskusi berlangsung efektif dan tepat sasaran, KNPI bisa mengundang pemerintah sebagai nara sumber, sesuai dengan tema yang diangkat.

“Kalau hari ini bertema pembangunan, lain waktu kita bicara pendidikan, kesehatan, supaya pemerintah daerah bisa mendapat input dari pemuda itu secara langsung,” tandas Ones.

Kegiatan dialog dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ini, mengambil tema Peran Pemuda Kabupaten Sorong dalam Pembangunan Papua Barat. Selain mengundang Suroso sebagai nara sumber, juga menghadirkan Rith Analin Osok, aktivis literasi yang membuka Ruang Baca Keik Tsinagi di Kota Sorong.

Hadir sebagai peserta, sejumlah organisasi kepemudaan seperti GP Ansor dan para Ketua DPC KNPI, juga ada HMI, GMNI GAMKI. Sayangnya, kegiatan ini tidak diikuti sepenuhnya oleh seluruh pengurus inti DPD KNPI Kabsor. Ketua DPD KNPI Karlos Kalasuat berhalangan hadir lantaran sakit, sedangkan Sekretaris DPD KNPI, Albertho Klasmian meninggalkan acara, sesaat setelah kegiatan dimulai.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan KNPI dan pemuda di Kabupaten Sorong. Harapan kami ini ditingkatkan, membuat forum sejenis, untuk memformulasikan, apa yang menjadi kebutuhan pemuda, menjadi pikiran pemuda, terkait dengan pembangunan,” kata Suroso.

Menurutnya, pemerintah selama ini cukup membuka ruang terhadap unsur pemuda, untuk berkonstribusi dalam semua hal.

“Kami berharap ada tindakan nyata. Dalam tataran berpikir, silakan mahasiswa menyampaikan pendapat dengan baik, bahwa demo di jalanan tidak salah, memang diberikan ruang. Tapi yang tidak kalah penting adalah subtansi, penyampaian gagasan yang lebih efektif adalah dibuka ruang diskusi seperti ini, dimana ada komunikasi antara pemuda dengan pihak pemerintah, sehingga aspirasi yang disampaikan bisa diolah dalam kebijakan pemerintah,” tambahnya. **

Anda mungkin juga berminat