Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Peringati Hari Guru, Bupati Sorong: Guru Jangan Hanya Mengajar di Kelas

0 195

Aimas, TN – Pola belajar mengajar yang dijalankan para guru di Kabupaten Sorong, harus bergerak mengikuti perkembangan zaman. Guru tidak bisa lagi berkutat pada pola konvensional, hanya duduk di ruang kelas untuk menyampaikan pelajaran kepada murid.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru SH.MSi usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2019 yang dipusatkan di Alun-alun Aimas, Senin (25/11/2019).

“Situasi dan perubahan yang terus datang silih berganti, kita tidak bisa membendung. Tapi kita harus menyesuaikan dengan keadaan itu. Sehingga model pembelajaran seperti yang tadi ada isi sambutan yang disampaikan menteri, memang betul dengan kenyataan yang sekarang,” kata Bupati Johny Kamuru.

Menurut Bupati, para guru harus sering mengajar muridnya di ruang kelas, dengan memperkenalkan terhadap lingkungan. Pelajaran teori, cukup diberikan seperlunya. “Mereka (murid) harus dibawa keluar, diperkenalkan dengan lingkungan, melihat kantor bupatinya seperti apa, kantor swasta, kantor pos, swalayan seperti apa, sehingga mereka langsung mengetahui,” ujar Bupati Johny Kamuru.

Kata Bupati, kemampuan anak didik tidak bisa diukur dari seberapa banyak mereka menghafal mata pelajaran, menghafal nama kota seperti pola konvensional yang selama ini diterapkan dalam proses belajar mengajar.

“Tapi tergantung bagaimana mereka punya komitmen, bisa menyesuaikan dengan keadaan, beradaptasi dengan dunia luar, serta berkomunikasi timbal balik dengan guru, itu yang diharapkan,” tandasnya. **

Anda mungkin juga berminat