Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Peringati Hari Buku, 34 Kelompok Anak Ikut Lomba Cerita Rakyat

0 54

Merauke, TN – Memperingati hari buku nasional tahun 2019, anak-anak dari 34 Kelompok peserta dari tingkat Sekolah Dasar, Taman Kanak Kanak dan Paud mengikuti lomba cerita rakyat di Halaman Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Merauke, Jumat (17/05/19).

Menariknya, Paud Putra Anim Ha Yonmarhanlan XI Merauke sebagai satu-satunya Paud yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut. Ini menandakan bahwa anak-anak Paud Putra Anim Ha mempunyai kemampuan yang cukup untuk bersaing dengan para seniornya dari TK dan Sekolah Dasar.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengatakan Kabupaten Merauke memiliki IPM (Indek Pengembangan Manusia) masih di bawah rata-rata. Sehingga perlu ada upaya untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan cara mengadakan kegiatan untuk meningkatkan minat membaca sejak dini bagi anak-anak.

Dengan gemar membaca buku, wawasan seseorang semakin luas. Khusus bagi anak-anak, membaca buku cerita rakyat atau dongeng akan mengasah daya ingat dan kemampuan mereka untuk menceritakan kembali.

“Kita perlu ada upaya melalui kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca terutama bagi anak-anak,” jelas Bupati Merauke dalam sambutannya dihadapan juri dan peserta lomba.

Dalam lomba tersebut, anak-anak akan memiliki keberanian dan kepercayaan diri tampil di muka umum, juga mengenal serta menjaga kelestarian budaya atau cerita-cerita rakyat yang ada di Nusantara.

Di waktu yang sama, sekaligus lounching gerakan Merauke membaca dan peluncuran mobil perpustakaan keliling.

Anda mungkin juga berminat