Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Peringati Hari Anak Nasional, Pemkot Ternate Canangkan Kecamatan Layak Anak

0 75

Ternate, TN – Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rabu (16/10), memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019 di Halaman Ex-Kantor Walikota Ternate jl. Yos Sudarso Kelurahan Kampung Pisang.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekertaris Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia Aris Merdeka Sirait, Forkompimda Kota Ternate, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate, Para Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Ternate, Ketua Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesian (APSAI), Jaringan Media Peduli Anak Kota Ternate Para camat dan Lurah serta Para pelajar SD, SMP, SMA se-Kota Ternate.

Acara peringatan Hari Anak Nasioanal tahun 2019 ini diawali dengan pembacaan deklarasi Kecamatan Ternate Barat Menuju Kecamatan Layak Anak, yang dibacakan oleh Camat beserta para Lurah Se-Kecamatan Ternate Barat dan pengukuhan pengurus Forum Anak Kota Ternate periode 2019-2021 oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate.

Sekertaris Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dalam sambutannya mengatakan, pentingnya peran seluruh pihak dalam mewujudkan sebuah lingkungan menjadi lingkungan yang layak anak. Selain itu, Sekot juga menghimbau kepada seluruh pihak, terutama para orang tua agar dapat selalu meningkatkan pengawasan dan perkembangan ana-anak, agar nantinya tidak terjerumus pada hal-hal negative seperti kekerasan fisik, pelecehan seksual, penyimpangan norma dan etika serta ekploitasi.

Sekot juga mengapresiasi atas upaya seluruh pihak, baik Pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Ternate maupun stakeholder dan warga masyarakat Kota Ternate yang telah berupaya menjadikan Kota Ternate sebagai Kota Layak Anak, sehingga pada tahun 2019 untuk ketiga kalinya meraih predikat Kota Ternate menjadi Kota Layak Anak yang mana pada tahun ini meraih predikat Madya.

“Says mengapresiasi deklarasi Kecamatan Ternate Barat menuju Kota Layak Anak, dan berharap gerakan ini dapat menyebar pada seluruh institusi Pemerintah Kota Ternate baik ditingkat terendah di Kelurahan, RT/RW maupun pada lingkungan masyarakat dan juga orang tua dirumah. Sehingga kedepannya upaya bersama dalam melindungi anak-anak Kota Ternate dari segala bentuk kekerasan dapat diwujudkan,” harap Sekot.

Sementara itu, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia, Aris Merdeka Sirait dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya peran orang tua dalam pencegahan tindak kekerasan dan perlindungan pada anak-anak. Saat ini, berbagai hal negative terhadap anak selalu menghantui, sehingga peran orang tua sangat penting dalam melindungi anak.

“Orang tua menjadi garda terdepan dalam memproteksi segala hal buruk yang akan terjadi pada anak-anak, sehingga perlu adanya komitmen bersama untuk memberantas segala kekerasan terhadap anak baik fisik maupun mental serta menghindari segala bentuk hal-hal negative seperti narkoba dan lain sebagainya di lingkungan sekitar anak-anak,” katanya.

Anda mungkin juga berminat