Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Peringatan Hardiknas Di Ternate Berlangsung Meriah

0 35

Ternate, TN – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kota Ternate berlangsung meriah. Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate mengelar upacara bendera yang dipusatkan di halaman Kantor Wali Kota Ternate, Kamis (2/5). Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman sendiri menjadi inspektur upacara.

Hadir dalam kegiatan tersebut, puluhan tokoh pendidikan dan pegiat literasi menikmati berbagai atraksi yang dipersembahkan anak didik melalui tarian khas Ternate seperti togal dan ronggeng.

Dalam sambutannya, Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman mengatakan, saat ini para guru harus memiliki peran dalam rangka memberi penguatan bagi karakter anak bangsa dengan ditopang hadirnya Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, bahasa, lambang negara maupun lagu kebangsaan.

“Guru harus berinovasi, karena tri pusat pendidikan seperti keluarga, sekolah dan masyarakat harus terintegrasi dalam melakukan penguatan terhadap pendidikan peserta didik,” katanya.

Menurut Wali Kota, pembangunan pendidikan dan kebudayaan di Kota Ternate, diperhadapkan dengan masalah guru yang tidak mencerminkan kemajuan pendidikan, sehingga pemerintah memiliki peran secara responsif dalam menyelesaikan masalah itu dengan paradigma pendidikan berkelanjutan.

“Di samping itu, dalam pengembangan pendidikan, sekitar 63 persen anggarannya dikelola daerah, sehingga daerah akan mengambil peran secara aktif dalam pemanfaatan dana APBN melalui DAU maupun DAK, agar program-program prioritas pendidikan bisa terkelola secara profesional,” tandas Wali Kota.

Anda mungkin juga berminat