Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pengurusan Perizinan Di DPMPTSP Kota Sorong Beralih ke Online

0 173

Sorong, TN- Pasca keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tabun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Sistem pelayanan perizinan telah beralih dengan menggunakan sistem elektronik secara online melalui Online Single Submission (OSS).

Saat ini pun Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP) kota Sorong telah beralih ke sistem tersebut. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) kota Sorong, Marthen Jitmau, ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/1), mengatakan sejak bulan Oktober 2018 lalu, semua perizinan di tingkat OPD sudah dilakukan melalui Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu.

“Jadi masyarakat yang akan membuat izin apa saja, tidak perlu ke dinas terkait untuk mengurus izin, karena sekarang semua sudah dipusatkan melalui satu pintu di dinas PMPTSP,” ujar Marthen Jitmau.

Menurutnya, hal ini merupakan program presiden Joko Widodo supaya memudahkan rakyat agar tidak berbeli-belit dalam mengurus izin, sehingga muncullah ide untuk membuat satu badan yaitu Pelayanan Terpadu Satu Pintu di seluruh Indonesia.

Dikataka, sebelumnya PMPTSP kota Sorong melakukan pengurusan izin secara manual, namun sejak Oktober 2018 lalu, pengurusan izin sudah dilakukan secara online melalui sebuah situs www.oss.go.id.

Online Singel Submission (OSS) merupakan Lembaga yang mewakili kementrian lembaga dari pusat sampai di daerah dalam penerbitan izin usaha secara online.

Ditambahkan, saat ini pengurusan izin sudah tidak lagi dilakukan melalui OPD terkait seperti di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) atau Dinas Lingkungan Hidup.

“Pengurusan izin saat ini sudah tidak lagi dibuat di OPD terkait seperti di Bappeda dan PU, apalagi pengurusa izin IMB, semua izin sudah dilakukan satu pintu yaitu di PTSP,” jelas Marthen Jitmau, kepada Teropongnews.com.

Pengurusan izin menurut Kepala Dinas PMPTSP ini, adalah salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di kota Sorong.

Selama Oktober 2018 lalu, terdata sebanyak 118 izin yang telah diterbitkan oleh PTSP melalui Lembaga Online Singel Submision (OSS).

“Jadi sekarang ini, masyarakat sudah tidak perlu ke kantor PTSP untuk mengurus izin, cukup mendaftar melalui situs www.oss.go.id, masyarakat sudah bisa mengurus izin yang diperlukan, dalam waktu singkat,” imbuhnya.(*)

Anda mungkin juga berminat