Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pencoblosan 2 Distrik di Kota Jayapura Ditunda, Bawaslu Sebut KPU Bisa Terindikasi Pidana

0 28

Jayapura, TN – Tertundanya pencoblosan dua distrik di Kota Jayapura lantaran tidak adanya logistik surat suara di TPS, dapat terindikasi sebagai pelanggaran pidana yang di lakukan oleh KPU Kota Jayapura.

“Bisa, makanya ini kita sedang menelisik ke dalam soal tidak adanya surat suara di TPS ini,” kata Komisioner Bawaslu Kota Jayapura, Rinto Pakpahan yang dikonfirmasi melalui selularnya, Rabu (17/4)

Namun secara terperincinya, Rinto belum memberikan keterangan lengkap, lantaran menurutnya saat ini pihak Bawaslu Kota Jayapura masih melalukan koordinasi lebih dalam untuk mengetahui apa penyebab utama logistik pemilu tidak sampai ke TPS-TPS yang ada di 2 Distrik Abepura dan Jayapura Selatan ini.

Menyinggung penyampaian KPU Kota Jayapura yang mengaku bahwa terjadi kendala teknis untuk kelengkapan dan pendistribusian logistik surat suara, Rinto menyebut Bawaslu akan melakukan penyelidikan lebih dalam ada apa sebenarnya.

“Itu kan pernyataan KPU, Bawaslukan lain, makanya kita sedang bahas dulu, nanti kami akan sampaikan kepada publik,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi Papua, Theodorus Kossay, membenarkan pemungutan suara susulan di 2 Distrik di Kota Jayapura.

Pembatalan ini, kata Theo lantaran belum rampungnya kelengkapan logistik yang akan di distribusikan ke TPS.

“Logistik  belum rampung, maka tadi kami sudah rapat bersama dan Bawaslu Kota Jayapura merekomendasikan dilakukan pemungutan suara susulan,” kata Theo kepada wartawan di Kantor KPU Kota Jayapura.

Menurut Theo, sebagaimana hasil rapat bersama antara KPU Provisni, KPU Kota Jayapura dan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kota Jayapura, bahwasanya proses pendistribusian logistik untuk 2 distrik yakni Abepura dan Jayapura Selatan membutuhkan waktu.

” sekarang sudah pujul 10.30 WIT untuk distribusi ke TPS membutuhkan waktu, jadi tidak efektif sehingga bawaslu rekomendasikan untuk susulan di Distrik Abepura dan Japsel khususnya 3 keluharan,” katanya.

Sekedar di ketahui pemilu susulandilaksanakan dalam hal di suatu daerah pemilihan terjadi apabila terjadi kerusuhan; gangguan keamanan; bencana alam; atau gangguan lainnya yang mengakibatkan seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu tidak dapat dilaksanakan.

Anda mungkin juga berminat