Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pemprov Sulsel Mulai Menata Birokrasi

0 23

Makassar, TN – Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sementara melakukan perampingan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Saat ini Pemprov Sulsel mulai melakukan penataan terhadap birokrasi, karena ada beberapa OPD yang akan dihapus dan dileburkan menjadi satu unit kerja.

Pasalnya, saat ini struktur pemerintahan di Pemprov Sulsel mulai tidak efisien, dan persoalan tersebut berpengaruh pada pelayanan dan realisasi program-program.

“Karena pemerintah itu harus memiliki visi efisien dan efektif. Kalau tidak efektifkan bisa merugikan negara. Nah, ini juga kita akan efisienkan anggaran perjalanan dinas didalamnya,” kata Kepala Biro Organisasi Tata Laksana Pemprov Sulsel Syamsu Rizal kepada wartawan, di ruang kerjanya, Senin (27/5).

Menurut dia, pejabat di lingkup Pemprov Sulsel sangat banyak, dan ini bisa terlihat dari anggaran perjalanan dinas keluar kota yang cukup besar, dan hal ini bisa menjadi beban anggaran daerah.

Dikatakan, reformasi dan birokrasi yang dilakukan Pemprov Sulsel dengan memiliki OPD baru, yakni Biro Pengadaan Barang dan Jasa. Penataan reformasi birokrasi tersebut telah dilaporkan Pemprov Sulsel ke DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. Hal tersebut diajukan untuk melakukan peleburan OPD di Pemrpov Sulsel.

“Saat ini sudah ditangani badan pembentukan perda, mungkin dua bulan kedepan sudah selesai. Saat ini OPD yang ada di Pemprov Sulsel ada 56 OPD, dan belum diketahui akan dilebur menjadi berapa OPD nantinya,” tandasnya.

Anda mungkin juga berminat