Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pemkot Ternate Gelar Upacara Peringati Hari Pahlawan Nasional 2019

0 34

Ternate, TN – Pemerintah Kota Ternate menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional, Minggu (10/11), di pelataran Kantor Walikota Ternate. Demikian press release yang diterima Teropongnews.com, di Ternate, Senin (11/11).

Bertindak sebagai inspektur Upacara, Wakil Wali Kota Ternate, H. Abdullah Tahir, dan di hadiri Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta seluruh ASN di lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Dalama Upacara tersebut, Wakil Wali Kota Ternate membacakan Amanat Menteri Sosial RI, Juliari Batubara, yang dalam amanatnya menyampaikan, kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

“Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai salah satu momen peristiwa paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia,” kata Mensos.

Menurut Mensos, semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang hendaknya, perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

“Dengan Peringatan Hari Pahlawan tersebut, diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita, Bung Karno yang menyatakan bahwa, “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya yang dapat menjadi bangsa yang besar”.

Selain itu Peringatan Hari Pahlawan, kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019, Aku Pahlawan Masa Kini,” kata dia.

Menjadi Pahlawan Masa Kini, kata Mensos, dapat dilakukan oleh siapa pun warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang, pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2019 berjalan dengan hikmat dan pada akhir upacara Wakil Wali Kota Ternate menyerahkan bingkisan secara simbolis pada perwakilan Veteran pejuang kemerdekaan.

Anda mungkin juga berminat