Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pemkot Sorong Mulai Buat Titik Koordinat Untuk Semua Kelurahan

0 91

Sorong,TN- Setiap kelurahan di kabupaten/kota wajib menentukan titik koordinat. Penentuan titik koordinat perlu dilakukan untuk mempermudah dalam pembuatan peta wilayah khususnya di Kota Sorong.

Terkait hal tersebut, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Sorong Fauji Fattah, S.STP, menjelaskan sebelumnya Pemkot Sorong sudah pernah membuat titik koordinat, namun hanya khusus untuk 10 distrik. Sementara untuk kelurahan, sama sekali belum ada titik koordinatnya mengingat beberapa waktu lalu dilakukan pemekaran kelurahan dan distrik.

“Kami menjalankan amanat dari pemerintah provinsi yang memerintahkan agar dibuat penentuan titik koordinat untuk kelurahan yang ada di kota sorong. Untuk dapat menentukan titik koordinat kelurahan, maka wajib hukumnya mengumpulkan para lurah dan kepala distrik,” ungkapnya kepada awak media usai rapat bersama dengan Kepala Distrik dan Lurah yang ada di wilayah Pemerintah Kota Sorong, Rabu (7/8).

Menurut Fauji, perlu dibuat titik koordinat untuk kelurahan mengingat kedepannya dalam pembuatan peta harus berbasis Geospasial Information System (GIS) yang menggunakan titik koordinat. “Sebenarnya petanya sudah dibuat di kelurahan, tetapi seperti peta buta karena belum ada titik koordinat,” tandasnya.

Lanjutnya, penentuan titik koordinat bukan hanya fokus pada 1 atau 2 kelurahan saja, melainkan di semua kelurahan yang ada di wilayah Pemerintah Kota Sorong. “Sedangkan yang bersinggungan dengan Kabupaten Sorong, kita nanti akan melihat pada aturan yang ada,” ujarnya.

Disinggung terkait luas wilayah Kota Sorong yang akan berkurang setelah adanya kesepakatan mengenai tapal batas kota dan Kabsor, jawab Fauzi pasti wilayah Kota Sorong akan berkurang karena beberapa waktu lalu sudah ada kesepakatan bahwa Walikota Sorong sudah menyerahkan wilayahnya seperti stadion kepasa kabupaten sorong.

“Terkait dengan kesepakatan kemarin, kota maupun Kabupaten Sorong masih menunggu juga dari Provinsi dalam hal ini Ditjen Bina Administrasi Wilayah untuk turun menentukan titik Koordinatnya,” pungkasnya.

Anda mungkin juga berminat