Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pemkot Ambon Akan Bangun Kerjasama Dengan Irlandia Dibidang Pendidikan

0 50

Ambon, TN – Wakil Walikota (Wawali), Syarif Hadler mengaku, pasca konflik, Kota Ambon saat ini jauh lebih berkembang dibandingkan dengan Ambon yang dulu. Untuk itu, dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Ambon, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berencana membangun kerjasama di bidang pendidikan dengan Irlandia.

“Kota Ambon saat ini jauh lebih harmonis dan toleran, dibandingkan dengan Ambon yang dulu,” kata Wawako kepada wartawan, di Ambon, Jumat (23/8).

Menurut Wawali, kini Kota Ambon dapat disejajarkan dengan kota-kota lain di Indonesia. Dan demi menjaga kesejajaran serta untuk memajukan Kota Ambon, harus didukung dengan kualitas pendidikan yang baik.
“Untuk bidang pendidikan, kesehatan dan lain-lain, hingga kini kami sudah menjalin kerjasama dengan beberapa kota di negara lain, seperti Darwin dan Vlisingen. Kami harap kedepan kerjasama serupa juga dapat terjalin, baik dengan Irlandia maupun dengan negara-negara Eropa lainnya,” kata Wawali.

Ditempat yang sama, Duta Besar (Dubes) Irlandia untuk Indonesia, Olivia Leslie menjelaskan, jika melihat sejarah, Kota Ambon dan Irlandia memiliki sejarah yang sama. “Irlandia dan Ambon sama-sama pernah berada dalam konflik sosial yang berkepanjangan dan dapat diselesaikan dengan baik,” katanya.

Dia mengaku senang selama berada di Ambon, dilihat dari suasana maupun keramahan masyarakatnya. Untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kota Ambon maupun Maluku secara keseluruhan, pihaknya membuka kesempatan bagi anak-anak Ambon yang ingin melanjutkan pendidikannya di Irlandia melalui program beasiswa

Anda mungkin juga berminat