Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pemkab Sorong Tak Akan Fasilitasi Mahasiswa Yang Pulkam

0 521

Aimas, TN – Pemerintah Kabupaten Sorong tidak akan memfasilitasi kepulangan mahasiswa penerima beasiswa dari pemerintah, sebelum mereka menyelesaikan kuliahnya di luar pulau.

Mereka dihimbau untuk menyelesaikan dulu studinya hingga tuntas, dan tidak terprovokasi ajakan pulang kampung akibat insiden mahasiswa Papua di Asrama Kalasan Surabaya, beberapa waktu lalu.

“Pemerintah daerah tidak mungkin memfasilitasi kepulangan mereka, misalnya menyiapkan uang tiket dan sebagainya. Kami tidak menyediakan itu,” tandas Suko Harjono Ssos MSi, Wakil Bupati Sorong, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya, Pemkab Sorong sudah mengeluarkan himbauan kepada para mahasiswa asal Kabupaten Sorong yang saat ini menempuh pendidikan di berbagai kota di luar Papua Barat, agar tetap fokus pada tujuan awal dengan melanjutkan pendidikan secara baik.

Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono S.Sos.MSi

“Tidak usah terpancing dengan berbagai macam perkembangan isu-isu yang menyesatkan bagi para mahasiswa kita yang ada di wilayah provinsi lain,” kata Wabup Suko Harjono.

Pemerintah yang telah mengeluarkan biaya untuk pendidikan mereka, juga secara intens melakukan komunikasi dan koordinasi dengan mahasiswa di luar Papua. Harapannya, dengan menyelesaikan kuliah hingga tuntas, mereka bisa menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas untuk bisa kembali membangun Kabupaten Sorong ke depan yang lebih baik.

Jumlah mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Pemkab Sorong, kata Wabup,  lebih dari 20 orang. Mereka tersebar di pulau Jawa, Kalimantan, Makassar maupun Manado. Jika mereka terprovokasi ajakan pulkam sebelum menyelesaikan studinya, menurut Wabup, tidak akan memberi manfaat yang lebih baik. Jika mereka meninggalkan kuliah sebelum masanya,  bisa jadi mereka akan di DO (Drop Out) dari tempat mereka kuliah.

“Yang ada, mereka akan kesulitan untuk melanjutkan kuliah di Universitas atau Perguruan Tinggi yang ada di Papua maupun Papua Barat,” pungkas Wabup.

Anda mungkin juga berminat