Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pemkab Raja Ampat Serahkan Materi LKPD 2018 Kepada DPRD

0 65

Waisai, TN – Wakil Bupati Raja Ampat, Manuel Piter Urbinas, menyerahkan dokumen Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018 kepada plt. Ketua DPRD Raja Ampat, Reynold M. Bula, dalam pembukaan Rapat Paripurna kedua masa sidang kedua dalam rangka pembahasan materi LKPD tahun anggaran 2018, Kamis (11/7).

Dalam pidato pembukaannya, Reynold menyampaikan bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah ini dilakukan sebagai penyempurnaan pengaturan dalam rangka menjaga tiga pilar tata pengelolaan keuangan daerah yang baik yaitu transparan akuntabilitas dan partisipatif laporan keuangan pemerintah daerah.

“Antara lain, neraca laporan realisasi anggaran, laporan operasional, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan,” ujar Reynold M Bula.

Menurutnya, penambahan jumlah laporan keuangan yang harus dibuat oleh pemerintah daerah merupakan dampak dari penggunaan akuntansi berbasis aktual memberlakukan akuntansi berbasis aktual ini merupakan tantangan tersendiri bagi pemerintah daerah karena akan ada banyak hal yang dipersiapkan Salah satunya yaitu sumber daya manusia.

“Dan kedepannya, untuk menyesuaikan waktu pembahasan LKPD ini oleh DPRD, sebagaimana aturan berdasarkan jadwal kerja, seharusnya bulan Mei 2019 yang lalu. Sehingga kami harap, LKPD dan APBDP diharapkan nantinya lebih tepat waktu,” lanjut Reynold M Bula.

Wakil Bupati Raja Ampat, Manuel Piter Urbinas setelah menyerahkan dokumen LKPD 2018 tersebut pun menyampaikan, bahwa LKPD adalah siklus pelaporan Keuangan Daerah tiap tahunnya sehingga sangat membutuhkan transparansi dan akuntabilitas.

Kata Manu, sapaan Wakil Bupati Raja Ampat, bahwa informasi keuangan daerah Dari LKPD ini perlu adanya perbaikan dan komitmen perubahan kearah yang lebih baik.

“Dan semoga Raja Ampat mendapatkan opini yang lebih baik lagi. Dan olehnya, kami menerima usulan dan kritikan dari forum DPRD ini. Mari bergandengan tangan mewujudkan Raja Ampat yang lebih baik,” ujar Manuel Piter Urbinas

Anda mungkin juga berminat