Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pemilih Pemula Supiori Coblos 2 Kali, Ketua Bawaslu : Mungkin KPU Kurang Sosialisasi

0 93

Supiori, TN – Terkait pelimpahan berkas tindak pidana pemilu kepada Kejaksaan Negeri Biak, yakni perkara pencoblosan 2 kali yang dilakukan pemilih pemula bernama Febrianto Msiren (18), Ketua Bawaslu Supiori Jani Herik Prawar mengatakan perkara itu dikarenakan KPU Supiori kurang sosialisasi.

“Sebenarnya kami melihat bahwa perkara ini diakibatkan kurangnya sosialisasi KPU kepada Pemilih Pemula. Kami lihat sekarang kesalahan dan pelanggaran malah dilakukan pemilih pemula. Otomatis dan jelas bahwa hal ini KPU sebagai pihak penyelenggara kurang gelar sosialisasi,”katanya.

Ia menjelaskan, setelah digelar klarifikasi dan investigasi terhadap tersangka, Bawaslu menduga bahwa tersangka sengaja menghapus atau menghilangkan bukti coblos. Perkara ini kami tindak lanjuti agar kedepan masyarakat di Kabupaten dapat lebih memahami peraturan pencoblosan dan tahu apa akibat melanggar aturan.

“Harapan saya, agar perkara ini dapat menjadi efek jera bagi tersangka dan kedepan tidak ada lagi masyarakat supiori yang menggunakan hak suaranya lebih dari 1 kali atau tidak ada lagi yang menggunakan hak suara orang lain. Untuk sementara yang kami temukan tersangka perkara ini baru satu. Setelah kami lakukan klarifikasi – klarifikasi seperti perkara ini, kemungkinan akan ada unsur pidana yang akan kami tindak lanjuti,”jelasnya.

Anda mungkin juga berminat