Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pembangunan PLBN Sota Diperintahkan Rampung Bulan Oktober

0 224

Merauke, TN – Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke bersama Tim II Deputi Pertahanan Negara Kemenkopolhukam melaksanakan rapat persiapan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI-PNG Distrik Sota Kabupaten Merauke, Kamis (09/05/19) di Kantor Bupati.

Pertemuan melibatkan semua pihak terkait guna menjaring masukan atau solusi untuk rencana pembangunan PLBN dimaksud. Agar tidak terjadi hambatan ketika kegiatan pembangunan sudah mulai berjalan.

Sebelumnya, direncanakan bahwa tahun ini seyogyanya ada 11 PLBN yang direncana untuk dibangun, namun kekuatan anggaran hanya mampu membangun empat dari jumlah diatas salah satunya adalah PLBN Sota dengan total anggaran sebanyak 100,3 miliar.

“Presiden Jokowi menghendaki pembang empat PLBN ini selesai dikerjakan sebelum pergantian pemerintahan. Paling lama pada bulan Oktober 2019,” terang Brigjen TNI (Mar) Edy Djatmiko, S.Sos., Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam,” dalam arahannya dalam rapat koordinasi yang dipimpinnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan, perlu ada terobosan agar target tersebut bisa terpenuhi. Apa saja proplem yang ditemukan segera diselesaikan. Ia juga menekankan, kewajiban Pemda adalah melakukan penghapusan asset, sertifikasi tanah, penerbitan dokumen Amdal, pembanguanan jalan dan semua yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah harus dibereskan.

“Kedepannya, kehadiran PLBN ini diharapkan menjadi sentra Ekonomi baru bagi daerah ini terutama masyarakat sekitarnya,” tandasnya.

Sekda Merauke Drs. Daniel Pauta dalam laporannya, bahwa sudah ada 4,8 hektar lahan yang sudah tersedia untuk membangun PLBN. Pemerintah daerah masih berupaya melakukan negosiasi dengan pemilik ulayat untuk arel bangunan pendukung dan tempat parkir.

“Kita membutuhkan 10 hektar, sementara kita dalam proses nego. Kami Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke sangat siap untuk mendukung pembangunan PLBN di Sota,” ucap Sekda.

Anda mungkin juga berminat