Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pembangunan PLBN Distrik Sota Diharapkan Rampung Bulan Desember 2019

0 223

Merauke, TN – Asisten Deputi Koordinasi Wilayah Perbatasan Tata Ruang Pertahanan dan Pulau-Pulau Kecil Terluar, Menkopolhukkam, Brigjen TNI Yasid Sulistyo, memimpin rapat koordinasi pengendalian pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI-PNG, Distrik Sota Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (13/09).

Rakor ini dihadiri semua pihak terkait dan stakeholder untuk melihat sejauh mana progres pembangunan PLBN Sota. Apa saja kendala yang dihadapi dan bagaimana keterlibatan Pemda Merauke dalam pengembangan selanjutnya.

“Target kita tanggal 19 Desember 2019 pembangunan selesai. Ini agak diundur karena proses lelangnya terlambat dan harus menunggu pasir dan kerikil dari luar Merauke,” jelasnya usai rakor di Auditorium Kantor Bupati Merauke.

Pengerjaan PLBN Sota ditargetkan rampung pada 19 Desember dari sebelumnya ditargetkan selesai bulan Oktober 2019.

Pertama, kendala pada krterlambatan proses lelang, dan harus menunggu bahan dasar pasir dan kerikil yang diimpor dari luar Papua.

Untuk pembangunan PLBN ini menggunakan dana APBN senilai 103 miliar rupiah. Saat ini, pembangunan baru mencapai 29 persen, namun pihaknya optimis akan rampung pada Desember nanti.

“Kita optimis pembanguananya akan selesai di Desember,” ucap Brigjen Yasid.

Ia berharap, Badan Pengelola Perbatasan Daerah Merauke lebih aktif dalam menjembatani antara Pemda dan pemerintah pusat terkait pengelolaan perbatasan. Bukan hanya PLBN, tapi menyangkut kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan secara umum di lokasi prioritas kawasan nasional.

“Karena PLBN ini, pak bupati juga menginginkan sebagai tempat rekreasi warga sekitar dan tempat wisata bagi pengunjung,” jelasnya.

Anda mungkin juga berminat