Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pemanfaatan Dana Kampung Belum Tepat Sasaran

0 33

Merauke, TN – Tidak dipungkiri bahwa pemanfaatan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN dan Alokasi Dana Kampung (ADK) dari APBD yang dikucurkan pemerintah ke kampung-kampung masih saja ada yang belum dimanfaatkan secara baik dan benar. Perubahaan wajah kampung belum terlalu signifikan jika dibandingkan dengan besaran dana hingga miliaran rupiah.

Tokoh Agama Katolik, Pastor Pius Cornelis Manu, Pr, mengatakan sebagai contoh di kampung kelahirannya Distrik Kimaam Kabupaten Merauke, Papua, dengan nilai dana yang begitu besar itu belum banyak bukti fisik pembanguanan yang terlihat.

“Padahal dana miliaran rupiah, tapi tidak ada perubahan apa-apa. Salahnya dimana,” jelas Pastor Pius kepada wartawan di Merauke, Jumat (21/06/19).

Menurutnya, kurangnya pengawasan dari dinas terkait dan pihak aparat distrik setempat sehingga pemanfaatan dana masih belum tepat sasaran.

Bahkan, sesuai pantauan yang dilakukannya ia menemukan aparat kampung menggunakan dana kampung untuk kepentingan pribadi. Ia harapkan pemerintah lebih intens lagi dalam mengkawal semua dana yang diturunkan ke kampung.

“Ini uang negara yang harusnya untuk kesejahteraan rakyat. Laporan pertanggungjawaban (LPj) yang disampaikan harus disingkronkan dengan kondisi di lapangan,” tambahnya.

Anda mungkin juga berminat