Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pelantikan Gubernur Dan Wagub Maluku Ditunda

0 516

Ambon, TN – Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Murad Ismail-Barnabas Orno oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) ditunda.

Sedianya, proses pelantikan akan dilakukan di Istana Merdeka di Jakarta pada Senin (11/3), namun lantaran kesibukan Presiden yang sementara melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah, membuat agenda pelantikan tertunda hingga Rabu (13/3).

Penundaan pelantikan ini turut mempengaruhi salah satu agenda DPRD Provinsi Maluku, yang akan menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka pidato Gubenur Maluku periode 2019-2024 pada Kamis (14/3). Rapat paripurna istimewa tersebut baru akan dilakukan pada Jumat (15/3) pukul 09.30 WIT.

“Rapat paripurna istimewa dalam rangka pidato Gubenur Maluku inikan tergantung pelantikan Gubernur dan Wagub. Jadi awalnya, rencana pelantikan itu akan dilakukan hari ini, bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang lama, Said Assagaff-Zeth Sahuburua yakni tanggal 10 Maret 2019. Kalau misalnya jadi dilantik hari ini, maka kita akan menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka pidato Gubenur Maluku periode 2019-2024 itu tanggal 14 Maret 2019. Namun, hingga saat ini proses pelantikan belum dilakukan, maka agendanya berubah,” kata Sekretaris DPRD Provinsi Maluku, Bodewin Wattimena kepada wartawan, di ruang kerjanya, Senin (11/3).

Menurut Sekwan, rapat paripurna istimewa dalam rangka pidato Gubenur Maluku periode 2019-2024 belum bisa digelar, apabila proses pelantikan belum dilakukan, karena itu bertentangan dengan aturan yang berlaku.

Sekwan menegaskan, pihaknya siap untuk menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka pidato Gubenur Maluku periode 2019-2024, Jumat (15/3). “Pada dasarnya kami siap untuk menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka pidato Gubenur Maluku,” tandas Sekwan.

Anda mungkin juga berminat