Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Pasca Ledakan Fitoplankton, Harga Ikan Di Ambon Masih Stabil

0 58

Ambon, TN – Pasca ledakan
fitoplankton dengan luas mencapai 31 hektar, diperairan Desa Lateri dan Passo, Kecamatan Baguala hingga kawasan Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon sejak 10 Januari 2019 lalu, harga ikan di sejumlah pasar tradisional di Kita Ambon masih stabil.

Pedagang ikan segar di pasar Batu Merah, Ilham Sabari mengaku, hingga saat ini penjualan ikan tetap stabil baik pembeli dan harga ikan.

“Masih banyak yang membeli ikan, dan harga ikan tetap stabil tidak ada penurunan meskipun sempat ada himbauan untuk tidak mengkonsumsi ikan,” kata dia kepada wartawan, di Ambon, Kamis (24/1).

Menurut Ilham, ikan yang dijual di pasar Batu Merah berasal dari daerah Asilulu, sehingga tidak terkena dampak ledakan fitoplankton.

“Semua ikan di sini dari Asilulu, dan selalu segar karena setiap habis dijaring lalu kami jual di sini,” paparnya.

Sementara Angnes, pembeli ikan segar mengungkapkan, dirinya tetap mengkonsumsi ikan setiap hari.

“Kami di rumah selalu konsumsi ikan setiap hari, meski ada himbauan. Namun setiap kami membeli kami bertanya dahulu di mana mereka jaring. Dan biasanya kami beli di pedagang langganan kami,” tandasnya.

Untuk diketahui, akibat ledakan
fitoplankto Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Persampahan (DLHKP) Kota Ambon sempat mengeluarkan surat himbauan.

Surat yang ditujukan kepada camat se-Kota Ambon ini, berisi himbauan agar masyarakat tidak mengonsumsi ikan dan kerang dari Teluk Dalam.(*)

Anda mungkin juga berminat