Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Para Tokoh Dan Perwakilan Lintas Agama Ikuti Dialog Tolak Aliran Radikalisme

0 64

Merauke, TN – Para tokoh dan perwakilan lintas agama di Kota Merauke mengikuti dialog lintas agama yang diselenggarakan di Aula MSC Keuskupan Merauke, Rabu (06/11). Dialog ini lebih membahas terkait upaya penolakan terhadap kelompok tertentu yang masuk dan mencoba mengacaukan situasi di Kabupaten Merauke.

Selain itu, sebagai tindaklanjut dari Kementrian Agama RI, tahun ini Kementrian Agama Merauke menetapkan sebagai tahun datar tentang moderasi beragama. Untuk itu, selain tokoh agama, juga tokoh masyarakat, organisasi, pemuda dipertemukan guna menyampaikan maksud tersebut.

“Moderasi yang dimaksudkan adalah membawa semua orang untuk menyeimbangkan segala hal. Dalam arti tidak berlebihan dalam interaksi setiap hari. Kita tidak saling meremehkan melainkan menghargai dan menghormati perbedaan dan keragaman yang ada di daerah Merauke,” terang Kepala Kantor Kemenag Merauke, Gabriel Retobyaan, usai kegiatan.

Dalam pertemuan tersebut menghadirkan narasumber dari Polres Merauke berkaitan dengan antisipasi terkait dengan aliran yang ingin menggangu kesatuan dan persatuan di Merauke. Ada juga dari MUI, terkait antisipasi MUI dalam pengawasan menyangkut aliran radikalisme yang hendak masuk ke Merauke dan Kementrian Agama memaparkan bagaimana toleransi beragama, dan memahami toleransi di ruang lingkup masing-masing agama.

“Kalau konsep ini kita pahami bersama oleh semua pihak, maka kita akan menjadi panduan bagi seluruh masyarakat,” tambahnya.

Dalam dialog terlihat antusias dari peserta dan diharapkan kegiatan serupa akan berkelanjutan guna mempererat silaturahmi serta tetap menjaga Merauke yang aman damai nulai dari kota sampai ke kampung-kampung.

Anda mungkin juga berminat