Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Optimalkan PAD, Pemda Gandeng Bank Papua Untuk Pajak Online

0 66

Waisai, TN – Pemerintah daerah kabupaten Raja Ampat, melalui Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) melakukan kerjasama dengan bank Papua cabang Raja Ampat terkait sistem penerimaan pembayaran pajak dan retribusi daerah secara online, Kamis (17/10).

Pertemuan yang dilaksanakan di aula Wayag kantor Bupati Raja Ampat ini, sekaligus berupa sosialisasi awal kepada para pelaku usaha yang ada di kota Waisai serta OPD terkait, seperti Pariwisata, Perikanan, Perindustrian dan Perdagangan, serta Pelayanan Terpadu Satu pintu. Juga turut hadir Kepolisian Resor Raja Ampat dan Kejaksaan Negeri Sorong.

Dalam penyampaian, Sekretaris Daerah kabupaten Raja Ampat, Dr. M. Yusuf Salim M.Si mengatakan bahwa Pemda Raja Ampat telah melakukan pembahasan sejumlah revisi Perda bersama DPRD Raja Ampat mengenai pajak dan retribusi, yang kemudian berlanjut pada rencana kerjasama antara BP2RD kabupaten Raja Ampat dan Bank Papua untuk memaksimalkan pengelolaan pajak dan retribusi serta agar tepat sasaran dan transparan kepada para pelaku usaha yang ada di Raja Ampat.

“Dan kehadiran bapak Kapolres dan Perwakilan Kejari Sorong ini untuk memastikan payung hukum yang diperlukan dalam pembahasan ini, salah satunya agar uang yang masuk nantinya betul-betul berada di kas daerah,” ujar Sekda

Sekda pun mengajak agar dalam sosialisasi awal ini, seluruh pihak yang terkait dalam hal ini agar mengedepankan pemikiran bahwa pajak dan retribusi digunakan untuk pembangunan di Raja Ampat agar lebih maksimal dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan mengoptimalkan Pendapatan Daerah mari kita sama-sama merapatkan barisan bersama Pemda membangun negeri ini,” jelas Sekda

Dalam pembahasan tersebut pun, Kepala Bank Papua, H. Sukidi SE,.MM menyampaikan bahwa fokus pajak dan retribusi yang telah diatur oleh BP2RD kabupaten Raja Ampat yang akan diatur dalam sistem penerimaan pajak dan retribusi daerah secara online ini adalah pajak hotel, restoran, tempat hiburan dan parkir kendaraan bermotor. Dimana akan dipasang alat berbentuk 2 jenis, yaitu berbentuk HP dan satu lagi berbentuk mesin printout.

“Nanti launching awal minggu depan akan bersama tim KPK, sementara untuk alat kami baru memiliki 10 unit, namun telah kami order untuk diperbanyak sesuai jumlah pelaku usaha, khususnya di kota Waisai,” jelas Kepala Bank Papua

Anda mungkin juga berminat