Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Oknum Pegawai Lapas Tual Ditetapkan Sebagai Tersangka

0 86

Ambon, TN – Seorang pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tual berinisial RHT (30), akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Penyidik Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease setelah menjalani pemeriksaan. Pelaku ditangkap polisi setelah ketahuan menguras uang di dalam kartu ATM milik sejumlah nasabah di Kota Ambon, Sabtu (9/3).

“Tersangka melancarkan aksinya pertama kali pada awal bulan Januari di ATM Mandiri di Talake. Saat itu pelaku berhasil menguras isi ATM milik korbannya sebesar Rp 4 juta,” ungkap Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon Ipda Julkisno Kaisupy kepada wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (12/3).

Dia melancarkan aksi kejahatannya dengan cara mengelabui para korbannya. Tersangka mengaku sebagai petugas bank yang hendak memperbaiki mesin ATM. Saat korbannya berada di dalam ATM, tersangka kemudian mengaku kalau mesin ATM sedang gangguan dan selanjutnya dia pura-pura membantu korban.

“Setelah itu tersangka mengambil kartu ATM milik korban dan menggantinya dengan kartu yang mirip. Setelah korban pergi, tersangka menguras isi kartu ATM korban,” kata Kaisupy.

Lebih lanjut dia mengaku, aksi tersangka terbongkar saat dia sedang mengincar salah satu korbannya di sebuah ATM di kawasan Talake Ambon. Saat itu, tersangka langsung dibekuk petugas keamanan yang berada di lokasi kejadian dan selanjutnya diserahkan ke polisi.

“Dia ditangkap pada Sabtu, dua hari lalu saat sedang melancarkan aksi kejahatannya itu. Namun, sebelumnya dia juga telah menipu banyak korban,” ujarnya.

Dari tangan tersangka, kata Kaisupy, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa ponsel dan dua kartu ATM. Atas perbuatannya itu, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan.

Anda mungkin juga berminat