Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Oknum Anggota Patwal Terciduk Usai Pesta Sabu, Seluruh Anggota Polres Sorong Akan Jalani Tes Narkoba

0 2.242

Aimas, TN – Mengantisipasi penggunaan narkoba oleh polisi, seluruh personil Polres Sorong akan menjalani tes lidah dengan alat DrugWipe 6S, untuk mengetahui apakah anggota tersebut menggunakan narkoba atau tidak.

Kasat Narkoba Polres Sorong, AKP Farial M Ginting S.Ik menjelaskan, alat ini cukup efektif dan cepat dalam mendeteksi seseorang yang menggunakan narkoba. “Cara penggunaannya juga cukup simpel. Ditempel di lidah dalam beberapa detik, kemudian sudah muncul hasilnya,” kata Farial Ginting kepada Teropongnews.com, Sabtu (11/1/2020).

Kasat Narkoba Polres Sorong, AKP Farial M Ginting S.Ik. (Foto:Tantowi/TN)

Beberapa waktu lalu, alat ini pernah digunakan untuk mendeteksi para anggota Polres Sorong. Hanya saja, dalam tes dadakan di halaman Mapolres Sorong, yang dipimpin Wakapolres Sorong ini, hanya mengambil sampel dari personil secara acak.

“Kalau sekarang muncul kejadian seperti ini, kami akan melakukan tes narkoba kepada seluruh anggota. Tidak akan pilih-pilih,” kata Farial Ginting.

Pernyataan itu disampaikan menyusul tertangkapnya Bripka Her, oknum anggota Satlantas Polres Sorong yang bertugas di bagian Patroli dan Pengawalan (Patwal), yang diduga menggunakan narkoba jenis sabu sabu disalah satu penginapan di Jl Kanal Victory, Rabu (8/1/2020) lalu.

Baca juga: https://www.teropongnews.com/oknum-prajurit-tni-dan-polisi-diciduk-usai-pakai-sabu-sabu/

Bripka Her ditangkap bersama dengan oknum anggota TNI berpangkat Serda, dan dua orang sipil lainnya, oleh Opsnal Sat Narkoba Polres Sorong Kota.

Baca juga: https://www.teropongnews.com/oknum-anggota-satlantas-diciduk-usai-pesta-sabu-kapolres-sudah-sering-saya-ingatkan/

Sementara terkait DrupWipe 6S, kata Farial Ginting, berfungsi untuk mengetes canabis amfetamin metamfetamin ekstasi ketamin kokain dan opiates. Alat ini dapat mendeteksi pengguna narkotika pada seseorang bagian lidah yang mana apabila garis merahnya berwarna merah 1 berarti negatif.

“Apabila garis berwarna merah 2, berarti positif pengguna narkoba,” ujarnya.

Alat ini kebalikan dengan alat tes lainnya, yang mana apabila garis merahnya berwarna merah 1 berarti negatif apabila berwarna merah 2 berarti positif. Hasilnya bisa segera diketahui hanya dalam hitungan menit. **

Anda mungkin juga berminat