Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

ODHA di Ternate Meningkat, Capai 410 Orang

1 51

Ternate, TN – Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, pada tahun 2018, orang dengan infeksi Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrom (HIV/AIDS) atau ODHA mencapai 410 orang.

Namun sayangnya, Ibu Rumah Tangga (IRT) yang mendominasi, yakni sebanyak 72 orang. “Selanjutnha adalah PNS 59, wiraswasta 57, tidak bekerja 40, dan karyawan swasta 40 orang,” beber
Pengelola Program Inveksi Menular Seksual HIV/AIDS, Dinkes Kota Ternate, Hermawanti kepada wartawan, di Ternate, Kamis (23/5) pagi.

Selain itu, kata dia, ada sekitar 40 persen kelurahan yang disinyalir tertular HIV/AIDS, dari sekitar 77 kelurahan di Kota Ternate.

“Jadi, dari data yang dilaporkan kepada kami (Dinkes) sejak 2017 hingga Desember 2018 itu, terdapat 72 kasus pada IRT. Jumlah ini meningkat setiap tahun,” kata dia.

Biasanya, kata Hermawanti, virus tersebut tertular dari suaminya, atau dari perilaku hubungan masa lalunya sebelum menikah. “Karena faktornya itu akibat berganti-ganti pasangan. Dan kasus ini berisiko pada siapa saja,” jelasnya.

Saat ini Dinkes Kota Ternate telah melakukan berbagai program penanggulangan dengan memperluas akses layanan. Dari 11 Puskesmas di Kota Ternate, termasuk Puskesmas luar seperti Moti, Hiri, dan Mayau Batang Dua, sudah dapat melakukan tes HIV. Termasuk beberapa rumah sakit di Ternate.

“Kita juga membuat program kolaborasi Tuberkulosis (TB). Ini dimaksudkan, agar setiap penderita TB yang positif harus discreening HIV juga,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat