Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

ODHA di Kota Sorong Tak Perlu Cemas, Ketersediaan ARV Aman Hingga Juli 2019

0 274

Sorong, TN- ODHA (Orang dengan HIV-AIDS) khususnya yang ada di kota Sorong tak perlu cemas, karena stok ARV (Anti Retro Viral) aman hingga Juli tahun 2019.

Pernyataan tersebut di sampaikan, Pelaksana Program Koordinasi dan Monitoring ketersediaan ARV, Toni saat kegiatan Pelatihan Media dan CSO dengan teman Pemberitaan Media yang Positif bagi ODHA di Vave hotel, Jumat (19/7).

Menurutnya, pendistribusian ARV di kota Sorong, didistribusi di delapan layanan ARV yang terdapat di RSUD Sele be Solu, Puskesmas Remu, Malanu, Malaumsimsa, Doom, Tanjung Kasuari, Malawei, dan puskesmas Klasaman. Pihaknya berharap stok ARV akan aman hingga akhir tahun 2019.

“Khusus untuk kota Sorong, ditahun 2019 stok ARV untuk ODHA aman, dan kami sudah distribusikan di delapan layanan ARV di kota Sorong, jadi tidak perlu cemas,” ujar Tonny.

Dikatakan, pelayanan ARV di layanan ARV dimana saja termasuk di kota Sorong didapat secara gratis tanpa pungutan biaya.

“Kami tegaskan, khusus untuk ODHA bahwa untuk mendapatkan obat ARV itu gratis tanpa dipungut biaya, tetapi diharapkan semua orang yang melakukan pelayanan pengobatan apapun baik untuk ARV harus didukung dengan kepemilikan JKN KIS atau BPJS,” jelasnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, jumlah kasus HIV dan AIDS di provinsi Papua Barat sebanyak 7.234 kasus. Dan kota Sorong sendiri berada diurutan pertama dengan jumlah kasus sebanyak 2.366 kasus.

Anda mungkin juga berminat