Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ngopi Bareng, Dandim 1805/R4 Ajak Komponen Bangsa Jaga Kedaulatan NKRI

0 71

Waisai, TN – Komandan Kodim 1805/Raja Ampat, Letkol Inf. Joseph Paulus Kaiba, mengajak sejumlah komponen bangsa yang ada di kabupaten Raja Ampat dalam acar ngopi bareng yang dilaksanakan di aula gedung wanita Syalome Syeben Waisai, Kamis (28/11).

Hadir mewakili Bupati Raja Ampat, Asisten I bidang Tata Kelola Pemerintahan Setda kabupaten Raja Ampat, Muhidin Umalelen menyambut baik kegiatan ngopi bareng bersama perwakilan komponen bangsa yang ada di Raja Ampat yang dilaksanakan oleh Kodim 1805 Raja Ampat.

Menurutnya, hal seperti ini perlu dilakukan karena selain keberagaman suku dan bahasa masyarakat Indonesia, sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) perlu menyatukan persepsi, menjauhkan sifat primordialisme yang sering menciptakan sekat diantara kerukunan masyarakat yang telah diciptakan sejak lama oleh para leluhur pemersatu bangsa.

“Dan kita harus bangga, dalam beberapa kejadian lalu saat gejolak negatif terjadi di masyarakat, khususnya daerah timur Indonesia ini, Raja Ampat dapat bertahan. Hal ini karena Raja Ampat merupakan salah satu miniatur bangsa Indonesia,” jelas Muhidin Umalelen.

Dandim 1805 Raja Ampat, Letkol Infanteri Joseph Paulus Kaiba dalam kesempatan tersebut mengajak para komponen bangsa yang hadir, diantaranya perwakilan tokoh agama, perwakilan tokoh adat, perwakilan tokoh masyarakat, para pelajar dan mahasiswa serta pemuda yang hadir untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan bangsa demi kedaulatan NKRI dan kedamaian di Tanah Papua, khususnya Raja Ampat.

Secara khusus pun, ia menitikberatkan pada komitmen bersama menjaga keamanan pelaksanaan Pemilukada tahun 2020 serta berlaku bijak menyikapi informasi yang beredar di masyarakat, khususnya isu teror separatis jelang 1 Desember.

“Komitmen bersama menjaga keamanan dan ketertiban di Raja Ampat jelang isu-isu 1 Desember berupa teror separatis yang mengancam kedaulatan NKRI. Juga jaga kesatuan dan persatuan jelang pemilukada 2020. Terlebih diakhir tahun ini dalam pelaksanaan hari raya umat kristiani,” jelas Dandim.

Anda mungkin juga berminat