Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

MoU dengan BNN, Bupati Canangkan Kabupaten Sorong Daerah Bebas Narkoba

0 28

Aimas,TN- Jumlah kasus penyalahgunaan Narkotika dan obat – obatan terlarang (Narkoba) secara nasional sudah sangat mengkhawatirkan.

Penyalahgunaan ini bukan hanya berdampak pada golongan tertentu seperti pejabat maupun publik figur saja. Namun, yang sudah menjangkit dikalangan generasi muda.

Di Sorong sendiri, kasus peredaran Narkoba sudah marak terjadi dengan berbagai modus kejahatan. Berkali-kali polisi menangkap para pengedar dan pengguna barang haram ini, dan sudah tidak terhitung berapa banyak yang turut dijebloskan dalam jeruji besi. Namun kejahatan ini tidak pernah berakhir hingga terus menjadi target kepolisian.

Untuk mencegah praktik kejahatan Narkoba di wilayah kabupaten Sorong. Langkah tegas diambil Bupati Sorong, Dr. Johny Kamuru SH, M.Si. Yang mencanangkan kabupaten Sorong sebagai daerah bebas Narkoba, dan sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua Barat Brigjen (Pol) Setija Junianta, SH, M.Hum, Kamis (14/3).

MOU ini mencakup pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di kabupaten Sorong.

“Narkoba merupakan ancaman generasi penerus bangsa indonesia dan juga telah menjadi ancaman diseluruh negara, kita semua telah mengetahui efek penggunaan narkoba yang sangat berbahaya bagi kesehatan, hingga dapat merenggut nyawa seseorang. Sangat disayangkan rata rata yang terlibat penyalahgunaan narkoba diantaranya adalah para remaja, bahkan ironisnya masih ada yang duduk dibangku sekolah, karena itu sudah selayaknya kita sama sama memerangi peredaran Narkoba,” ungkapnya seraya menambahkan Narkoba merupakan musuh bersama.

Bupati Sorong juga menegaskan, masalah Narkoba bukanlah hanya tugas BNN dan pihak Kepolisian saja, tetapi merupakan tugas bersama untuk memeranginya.

Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Papua Barat Brigjen (Pol) Setija Junianta, SH, M.Hum menuturkan, MoU yang dilakukan bersama pemerintah daerah kabupaten Sorong merupakan komitmen bersama dalam pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan, dan peredaran Narkoba di kabupaten Sorong yang dimulai dari lingkup Aparatur Sipil Negara (ASN)
“Ini hanya diatas kertas tapi point terpentingnya adalah implementasi bersama Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Karena itu mari kita menghimbau bersama sama memerangi Narkoba,minimal bila melihat ada hal hal yang mencurigakan segera laporkan dijamin kerahasian pelapor terjaga,” tegas Kepala BNN Provinsi Papua Barat Brigjen (Pol) Setija Junianta, SH, M.Hum.

Dalam acara penandatanganan MoU tersebut, dilakukan juga penyematan PIN kepada relawan pemberantasan Narkoba, dan pemyerahan sertifikat kepada Lurah Malawele dan Lurah Klafma sebagai Kelurahan Bebas dari Narkoba.

Anda mungkin juga berminat