Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Miras Picu Maraknya Lakalantas Di Tidore

0 34

Tidore, TN – Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tidore, IPTU Ridwan Usman mengatakan, setiap adanya moment lebaran, pasti ada peristiwa kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Kendati tidak semua kasus lakalantas di Tidore dipengaruhi minuman keras, namun menurut Ridwan, rata-rata korban lakalantas ini tercium bau miras dari mulutnya.

“Sejauh ini, kami belum dapat membuat perbandingan terkait angka lakalantas dari tahun 2018 ke 2019 di Tidore. Mungkin di akhir tahun, paling tidak di bulan November itu sudah ada gambaran,” kata Kasat kepada wartawan, di Tidore, Rabu (12/6).

Menurut Kasat, di Tidore arus kendaraan tak seramai di Kota Ternate. Pasalnya, ruas jalan poros kerap terlihat lenggang. Hanya beberapa kendaraan yang melintas. Disamping itu, kata dia, rambu-rambu lalu lintas atau marka jalan untuk di beberapa titik masih minim. Hampir sulit dipetakan, lokasi mana yang dianggap rawan.

Sebenarnya, menurut dia, hal itu menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan. Namun demikian, hal itu tidak terlepas dari tanggung jawab Satuan Lalulintas, untuk saling berkoordinasi.

“Saya menduga, karena terbiasa dengan suasana jalan yang sepi, maka pada saat ada peningkatan kendaraan, mereka tidak menyadari itu. Pemicunya di situ. Ini juga tidak terlepas dari keberadaan rambu-rambu dan marka jalan. Memang seharusnya ada penambahan. Termasuk lampu jalan. Ini penting untuk mengurangi angka kecelakaan,” tandas Kasat

Anda mungkin juga berminat