Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Miras Jenis Sopi Disita Polisi Di Dermaga Hunimua

0 16

Ambon, TN – Polisi kembali menyita 400 liter minuman keras (miras) jenis sopi di Dermaga Penyeberangan Hunimua, Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (13/2) siang.

Sebelumnya, polisi juga menyita sebanyak 700 liter sopi yang hendak diselundupkan ke Papua, di Pelabuhan Yos Sudarso Kota Ambon.

Wakapolres Ambon, Kompol Ferry Mulyana menegaskan, perang terhadap minuman keras tradisional khas Maluku bernama Sopi, gencar dilakukan aparat kepolisian.

Pasalnya, miras berkadar alkohol tinggi itu merupakan salah satu pemicu terjadinya gangguan keamanan dan keteriban masyarakat (kamtibmas) serta kecelakaan lalu lintas.

“Yang ditemukan hari ini ada 400 liter. Ini diamankan di pelabuhan Hunimua pada pukul 12.00 WIT tadi,” kata Wakapolres kepada wartawan, di Ambon.

Ratusan minuman memabukan yang disuling dari Pohon Enau ini dikemas dalam pelastik bening, kemudian dimasukan ke dalam sejumlah karton bekas.

Sopi-sopi yang berhasil diamankan berasal dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku. Miras tersebut diketahui setelah aparat Polisi Reaksi Cepat (PRC) melakukan razia.

“Sopi ini disita saat PRC melakukan razia dia Pelabuhan Liang (Hunimua). Hasilnya ditemukanlah sopi ini dalam mobil. Sopi ini dari Seram,” katanya.
Ratusan sopi ini, kemudian diamankan di Markas Polres Ambon. Nantinya. Untuk itu, kata Ferry, pihaknya akan melakukan pemusnahan.

Ferry menjelaskan, pihaknya kerap memantau peredaran sopi di tengah masyarakat.

“Setiap hari kita razia sopi. Karena sopi ini merupakan salah satu pemicu terjadinya kekerasan dan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Ambon dan Lease,” jelasnya.

Mantan Wakapolres Pulau Buru ini meminta warga agar bersama pihaknya memberantas sopi, sehingga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) kondusif.

“Kalau ada masyarakat mengetahuinya, lapor ke kita. Biar kita amankan,” tandasnya.(*)

Anda mungkin juga berminat