Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Merasa Ditipu, Pria Ini Lapor Ke Polsek Pelabuhan Ahmad Yani Ternate

0 100

Ternate, TN – Sanli Boham, warga Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara melapor kasus penipuan yang dialaminya dirinya ke pos polisi di kawasan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Dia mengadukan penipuan yang dilakukan oleh salah satu akun Facebook (FB) jual beli online di Kota Ternate. Pasalnya, akun FB tersebut menawarkan sepeda motor yang harganya jauh lebih murah daripada di pasaran.

Kepada wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (10/9), Kapolsek Kawasan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Iptu Wahyudi Susanto membenarkan kejadian tersebut.

Berdasarkan laporan yang diterima, kata Kapolsek, korban Sanli Boham rencananya akan membeli sepeda motor yang dijual lewat akun itu, sehingga dirinya rela datang ke Ternate. Namun sialnya, akun itu hanya menipunya.

“Padahal, korban (Sanli Boham) sudah lebih dulu mentransfer uang sejumlah Rp500 ribu, sebelum datang ke Ternate. Berdasarkan kesepakatan, korban kemudian datang ke Ternate dengan maksud melunasi pembayaran sekaligus mengambil motor. Namun pelaku yang diketahui berinisial RD, kemudian menelpon pelaku untuk bertemu di kawasan pantai Falajawa. Saat bertemu di pantai Falajawa, pelaku RD meminta kepada korban untuk kembali membayar uang sebesar Rp. 500 ribu dan langsung diberikan oleh korban kepada pelaku,” kata Kapolsek.

Akan tetapi, lanjut Kapolsek, setelah korban memberikan uang yang diminta, pelaku kemudian meminta korban menunggu di depan mesjid, lantaran pelaku hendak mengambil motornya, dan pelaku juga berpesan kepada korban bahwa pelaku akan memberitahukan juga kepada komandanya untuk mengambil STNK motor.

Tak selang beberapa lama, pelaku datang lagi kepada korban dan memberitahukan bahwa motor beserta surar-surat baru bisa diambil, jika korban bisa membayar biaya pengambilan surat-surat sebesar Rp 350 ribu yang ditransfer pada salah satu rekening yang diberikan pelaku.

“Pelaku langsung memberikan nomor rekening kepada korban, dan korban langsung mentrasnfer uangnya. Setelah ditrasfer pelaku meminta agar korban menunggu lagi, karena pelaku ini ingin pergi mengambil STNK motor, setelah beberapa saat, korban merasa curiga dan langsung menelpon pelaku, hanya saja nomor telepon telepon pelaku sudah tidak aktif. Atas kejadian tersebut, korban langsung menuju ke Polsek Pelabuhan Ahmad Yani untuk membuat laporan pengaduan bahwa korban telah ditipu oleh pelaku sebesar Rp.1.350.000,” tandas Kapolsek.

Setelah menerima laporan, kata Kapolsek, pihaknya langsung melakukan penelusuran terhadap akun maupun nomor telepon dan rekening pelaku. “Dugaan kami, pelaku merupakan komplotan jaringan penipuan dari Kota Makasar yang masuk ke Ternate, karena hasil pengecekan sumber yang kuat, disebutkan berasal dari Kota Makasar,” kata dia.

Anda mungkin juga berminat